Personel Ditsamapta Polda Aceh Juara MHQ Internasional - RRI

 

Personel Ditsamapta Polda Aceh Juara MHQ Internasional

RRI

KBRN, Aceh: Dolly Isma Indra, personel Ditsamapta Polda Aceh yang juga mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry, berhasil meraih juara dalam ajang Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) 30 Juz tingkat internasional di acara Seiba International Festival 2024. Kompetisi tersebut diselenggarakan di UIN Imam Bonjol Padang dari 23 hingga 29 September 2024.

Acara ini diikuti oleh 20 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dari Indonesia serta perwakilan lima negara ASEAN, yakni Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, dan Kamboja.

Prestasi Dolly semakin memperkuat reputasi UIN Ar-Raniry, yang juga membawa pulang tiga medali platinum, sembilan medali emas, dan empat medali perak dari berbagai cabang lomba di ajang tersebut. Hal ini diungkapkan dalam rilis yang diterima oleh Media Center Aceh, Selasa  (1/10/2024).

Dolly, yang memulai jejak prestasinya dengan meraih juara 3 di cabang Fahmil Quran pada MTQ Kota Subulussalam tahun 2014, terus menunjukkan konsistensinya di berbagai kompetisi keagamaan. Pada tahun 2019, ia menjadi juara 1 di cabang Tafsir Bahasa Arab dan Hafalan 30 Juz pada MTQ Provinsi Aceh di Pidie, serta mewakili Aceh di ajang STQ Nasional di Kalimantan Barat.

Selain itu, Dolly juga pernah menjadi finalis Musabaqah Hifzil Quran Kedutaan Besar Arab Saudi tingkat nasional di Jakarta pada 2021 untuk cabang Hafalan 20 Juz, dan meraih juara 1 di Pekan Kreativitas Mahasiswa se-Sumatra serta se-Asia Tenggara di UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi pada 2023 untuk cabang 20 Juz.

Berbagai prestasi ini mengantarkan Dolly memperoleh penghargaan Pemuda Berprestasi Aceh 2023 dari Dispora Aceh, serta Mahasiswa Berprestasi UIN Ar-Raniry. Pencapaian terbarunya adalah menjadi juara Musabaqah Hifzil Quran 30 Juz di Seiba International Festival 2024, menambah daftar panjang prestasinya di bidang tahfiz Al-Qur'an.

Dengan konsistensi yang ia tunjukkan, Dolly menjadi inspirasi bagi para pemuda Aceh lainnya dalam meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional

Awesome
Needs Work
Contact

Baca Juga

Komentar

Baca Juga