Khutbah Jumat: Mengenal Mukjizat Nabi Muhammad yang Tidak Populer - NU Online

 

Khutbah Jumat: Mengenal Mukjizat Nabi Muhammad yang Tidak Populer

Layaknya seorang Nabi pada umumnya yang mempunyai mukjizat, begitu juga yang terjadi pada Nabi Muhammad Saw. Bahkan mukjizat yang dikaruniai kepada Nabi tergolong banyak demi memperkuat posisinya sebagai utusan Allah, sehingga kaum kafir pada saat itu tidak dapat menyangkal ajarannya. Mukjizat-mukjizat Nabi ini terkadang memang sudah disadari dan populer di kalangan kita, dan terkadang juga tidak disadari sehingga tidak begitu dikenal oleh kita. 


Maka dari itu, topik khutbah Jumat kali ini hendak membahas: "Mukjizat Nabi Muhammad yang Tidak Populer." Untuk mencetak naskah khutbah Jumat ini, silakan klik ikon print berwarna merah di atas atau bawah artikel ini (pada tampilan desktop). Semoga bermanfaat!


Khutbah I


اَلحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلَيْنَا الْفُرْقَانَ وَأَنْعَمَ عَلَيْنَا الْعِرْفَانَ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى خَيْرِ الْإِنْسَانِ مُبَيِّنًا عَلَى رِسَالَةِ الرَّحْمَنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ الْمَحْبُوْبِيْنَ جَمِيْعًا. أَمَّا بَعْدُ


فَيَاعِبَادَ اللهِ اِتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ. وَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: وَمَنْ يَّتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا، وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَايَحْتَسِبُ


Ma’asyiral muslimin rahimakumullah..


Sudah sepatutnya kita bersyukur atas segala anugerah yang diberikan Allah kepada kita, khususnya anugerah iman dan islam. Sebagaimana dikatakan Syekh Nawawi al-Bantani di dalam kitabnya, Qathrul Ghaits: sebaik-baiknya anugerah adalah ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Tentu saja ketaatan itu didasari oleh adanya iman dan Islam.


Kemudian shalawat dan salam semoga kita istiqomahi untuk Nabi kita Sayyiduna Muhammad Saw, serta untuk keluarga dan para sahabatnya. Mereka semua adalah tauladan kita dalam menjalankan agama dan kehidupan di dunia ini. Mereka telah memberikan contoh, maka kita selaku generasi penerus bertugas merawat dan mengembangkan warisan mereka, yaitu agama Islam ini.


Selanjutnya tidak bosan-bosannya khatib mengingatkan agar selalu ada iktikad di dalam diri kita untuk meningkatkan ketakwaan. Dengan adanya iktikad ini setidaknya kita menyadari dosa dan kesalahan kita, sehingga kita berupaya memperbaikinya. Dengan begitu, secara tidak langsung kita telah mengimplementasikan iktikad tersebut sehingga ketakwaan kita tidak lagi stagnan. Apalagi Allah menegaskan di dalam firman-Nya:


فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى وَاتَّقُونِ يٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ


Artinya, “Maka sesungguhnya sebaik-baiknya bekal adalah ketakwaan, dan hendaklah bertakwa kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal.” (QS. Al-Baqarah: 197)


Jamaah Shalat Jumat yang dirahmati oleh Allah


Sebagaimana sudah maklum bahwa Nabi Muhammad merupakan makhluk paling mulia, bahkan menjadi panglima para nabi dan rasul Allah. Keistimewaan ini tentu saja merupakan kehendak Allah, sehingga tidak ada satu pun dari makhluk-Nya yang berani mengajukan komplain. Dan keputusan Allah ini juga berbanding lurus dengan kepribadian Nabi Muhammad sebagaimana diceritakan di dalam buku-buku sejarah.


Selain itu, keputusan Allah tersebut juga selaras dengan ujian yang menimpa kepada baginda Nabi Muhammad Saw, mulai beliau menjelang lahir hingga wafat pada usia 63 tahun. Namun yang pasti, beragam cobaan yang dihadapi Nabi tidak membuat gentar dan takut untuk memperjuangkan agama Allah. Maka sebagaimana falsafah kehidupan yang cukup populer: jika seseorang akan diangkat derajatnya, maka cobaannya akan semakin berat.


Di dalam hadits Nabi yang diriwayatkan Imam at-Tirmidzi di dalam kitabnya, Sunan at-Tirmidzi, juga disebutkan:


وَإِنَّ اللهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ، فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ


Artinya, “Sesungguhnya ketika Allah menyukai sebuah kaum maka akan memberi cobaan terhadap mereka. Maka siapa saja yang rela – menerima (akan cobaan tersebut) maka akan mendapatkan ridho-Nya, dan siapa saja yang membenci (cobaan tersebut) maka akan mendapatkan murka-Nya.” (HR. At-Tirmidzi).


Dengan demikian, maka wajar kiranya bila cobaan yang menghampiri Nabi Muhammad datang bertubi-tubi dan bermacam-macam, sebab derajat Nabi sedang menuju tingkatan yang paling tinggi di antara seluruh makhluk-Nya.


Jamaah Shalat Jumat yang dirahmati oleh Allah


Meskipun Nabi dilanda berbagai macam cobaan, namun Allah tidak membiarkan menghadapi sendirian, terlebih ketika cobaan tersebut berkaitan dengan tanda-tanda kerasulan Nabi. Maka agar masyarakat jazirah Arab pada waktu itu mempercayainya, Allah memberikan segudang keistimewaan kepada Nabi sebagai tanda kebenaran status Nabi sebagai utusan Allah.


Keistimewaan di sini bersifat kejadian di luar kebiasaan manusia, atau yang biasa disebut mukjizat. Maka kita mendengar kisah Nabi dapat membelah bulan, bisa mengeluarkan air dari jari-jarinya, sepotong roti yang dibagi Nabi dapat mengenyangkan rombongannya, melakukan Isra’ Mi’raj dalam waktu semalam, serta mukjizat yang akan abadi hingga kiamat nanti, yaitu Al-Quran.


Itulah sebagian mukjizat Nabi yang sudah masyhur di kalangan kita. Namun masih ada mukjizat Nabi yang barangkali belum cukup populer di telinga kita. Misalnya mukjizat yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dan Muslim di dalam kitab Shahih-nya:


نَهَاهُمُ النَّبِىُّ عَنِ الْوِصَالِ رَحْمَةً لَهُمْ. فَقَالُوا إِنَّكَ تُوَاصِلُ. قَالَ: إِنِّى لَسْتُ كَهَيْئَتِكُمْ إِنِّى يُطْعِمُنِى رَبِّى وَيَسْقِينِى


Artinya, “Nabi melarang para sahabatnya melakukan puasa wishal (puasa terus-menerus tanpa berbuka berlanjut hingga hari esoknya) sebagai bentuk kasih sayang kepada mereka. Kemudian para sahabat mengomentari: ‘sesungguhnya Anda sendiri melakukan wishal’, Nabi menjawab: Sesungguhnya kondisi (fisik)ku tidak sama seperti kondisi kalian, sesungguhnya Tuhanku yang memberikan aku makan dan minum.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)


Imam Al-Qasthalani di dalam kitabnya, Irsyadus Sari li syarhi Shahihil Bukhari, mengatakan bahwa Nabi diberi makan dan minum oleh Allah bukan bermakna secara hakiki, melainkan Allah menganugerahi kekuatan layaknya orang setelah makan dan minum. Sebab jika dimaknai secara hakiki maka tentu saja Nabi tidak melaksanakan puasa wishal.


Pernyataan Nabi dan komentar Imam Al-Qasthalani tadi menunjukkan bahwa Nabi bukan manusia biasa. Kalau dilihat secara lahiriah memang Nabi layaknya manusia pada umumnya, seperti fisik, bahasa, kebiasaan, dan prilaku lainnya yang memperkuat hal tersebut. Ini juga dipertegas oleh Nabi sendiri di dalam banyak kesempatan yang bersabda: ‘saya merupakan manusia layaknya seperti kalian.’


Namun bila ditelusuri lebih dalam, dengan melihat sisi batin sosok Kanjeng Nabi, maka menjadi jelas kalau Nabi merupakan manusia pilihan Allah, sehingga ada sikap beliau yang tidak lumrah layaknya manusia yang lain. Sebagaimana dalam riwayat tadi, yang dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk meningkatkan keimanan kita terhadap pribadi Nabi Muhammad.


Jamaah Shalat Jumat yang dirahmati oleh Allah


Mukjizat lain yang juga bisa dibilang tidak disadari oleh kebanyakan kita adalah keberhasilan Nabi Muhammad dalam mengentaskan masyarakat Jahiliyah hanya dalam waktu kurang lebih 23 tahun. Sudah banyak dari kita yang mengetahui bahwa masa kenabian Muhammad relatif sebentar, hanya dua dekade lebih sedikit. 


Bahkan bila dikerucutkan lagi pasca hijrah ke Madinah, di mana sejak saat itulah Nabi secara resmi diakui dan diangkat sebagai pemimpin umat, maka hanya 10 tahun atau satu dekade Nabi menciptakan masyarakat Arab sebagai bangsa beradab. Selama itu kultur Jahiliyah dikikis secara bertahap dengan berbagai macam strategi jitu yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw.


Bila kita mau merenungkan secara seksama, kejadian ini tampaknya agak susah diterima oleh akal sehat. Dengan kata lain, fenomena ini cukup susah untuk dinilai sebagai kejadian biasa, normal, dan lumrah. Bisa kita bayangkan budaya Jahiliyah masyarakat Arab yang sudah mengakar lintas generasi bisa lenyap seketika hanya dalam 1 hingga 2 dekade.


Budaya tribalisme, berwatak keras, merendahkan kaum perempuan, bermain judi, mengkonsumsi minuman keras, serta menyembah berhala dengan segala tradisinya dapat sirna dalam durasi waktu yang cenderung cepat tersebut. Hal ini terbukti sejak Nabi wafat budaya Jahiliyah semacam tadi tidak ditemukan lagi di masyarakat Arab.


Tampaknya, jika hanya mengandalkan usaha lahiriah dan kehormatan Nabi Muhammad, sulit untuk mencapai prestasi sebesar itu. Maka dari itu, pasti ada campur tangan Allah selaku Dzat yang Maha segala-galanya, termasuk mengubah masyarakat Arab dari zaman Jahiliyah ke zaman penuh hidayah, yang menjadikan bangsa Arab memiliki marwah dan martabat di mata dunia pada saat itu.


Inilah mukjizat kedua Nabi yang jarang kita sadari bersama sehingga menganggapnya sebagai prestasi politik pada umumnya. Padahal kalau ditinjau dari aspek teologis, yang lebih kuat dan mudah diterima oleh akal sehat seorang Muslim, maka ini juga pantas disebut kejadian yang tidak lumrah, yang kita kenal dengan istilah mukjizat.

 

Jamaah Shalat Jumat yang dirahmati oleh Allah


Dengan mengetahui kedua mukjizat yang tidak populer tadi semoga dapat meningkatkan kepercayaan kita kepada Baginda Nabi Muhammad selaku makhluk yang paling istimewa di sisi Allah. Serta menjadikan kita semakin bersyukur karena termasuk umatnya makhluk paling istimewa ini. Semoga dengan kepercayaan seperti ini membuat kita pantas mendapatkan syafaatnya kelak di akhirat.

 

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمِ.


Khutbah II


اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا اَمَرَ، اَشْهَدُ اَنْ لَآاِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ اِرْغَامًا لِمَنْ جَحَدَبِهِ وَ كَفَرَ، وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ سَيِّدُ الْخَلَاِئِقَ وَالْبَشَرِ. ‎اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِهِ وَ اَصْحَابِهِ وَسَلَّمُ تَسْلِيْمًا كَثِيْراً۰ اَمَّابَعْدُ


 فَيَاعِبَادَ ﷲ... اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. وَاتَّقُوْا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرٍ


 إِنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَنَّى بِمَلَائِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ، وَأَيُّهَا الْمُؤْمِنُوْنَ مِنْ جِنِّهِ وَإِنْسِهِ، فَقَالَ قَوْلًا كَرِيْمًا:  ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠّٰﻪَ ﻭَﻣَﻼَﺋِﻜَﺘَﻪُ ﻳُﺼَﻠُّﻮْﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ، ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬﺎَ ﺍﻟَّﺬِﻳْﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮْﺍ ﺻَﻠُّﻮْﺍ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠِّﻤُﻮْﺍ ﺗَﺴْﻠِﻴْﻤًﺎ ... ‎اَللّٰهُمَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰسَيِّدِنَا ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁلهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْن


‎اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ، اَلْأَحْياءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ. اللَّهُمَّ أَصْلِحْنَا وَأَصْلِحْ أَحْوَالَنَا، وَأَصْلِحْ مَنْ فِي صَلَاحِهِمْ صَلَاحُنَا وَصَلَاحُ الْمُسْلِمِيْنَ، وَأْهْلِكْ مَنْ فِي هَلَاكِهِمْ صَلاحُنَا وَصَلَاحُ الْمُسْلِمِيْنَ، ‎اَللّٰهُمَّ وَحِّدْ صُفُوْفَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَارْزُقْنَا وَإِيَّاهُمْ زِيَادَةَ التَّقْوَى وَالْإِيْمَانِ،  ‎اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتَنِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا إِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عامَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ  ‎اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَاَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

عٍبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتاءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشاءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

 


Ustadz M. Syarofuddin Firdaus, Dosen Pesantren Luhur Ilmu Hadits Darus-Sunnah Ciputat

Baca Juga

Komentar

Baca Juga