Khutbah Jumat: Mengentaskan Kemiskinan dengan Berbagi dan Penyediaan Lapangan Kerja - NU Online

 

Khutbah Jumat: Mengentaskan Kemiskinan dengan Berbagi dan Penyediaan Lapangan Kerja

Setiap tanggal 17 Oktober, dunia internasional memperingati Hari Pengentasan Kemiskinan atau International Day for the Eradication of Poverty. Sebagai agama yang universal, Islam juga memiliki perhatian besar terhadap masalah kemiskinan dengan saling berbagi melalui pola distribusi kekayaan secara luas, tidak hanya di kalangan kelompok tertentu. Ajaran ini tercermin dalam beberapa aturan agama, seperti zakat, infak, sedekah, dan wakaf.

 

Naskah khutbah Jumat berikut ini berjudul "Khutbah Jumat: Mengentaskan Kemiskinan dengan Berbagi dan Penyediaan Lapangan Kerja". Untuk mencetak naskah khutbah Jumat ini, silakan klik ikon print berwarna merah di atas atau bawah artikel ini (pada tampilan desktop). Semoga bermanfaat!

 

Khutbah I

 

ุงَู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ِู„ّٰู‡ِ ุฑَุจِّ ุงู„ุนَุงู„َู…ِูŠْู†َ، ุงู„ู‚َุงุฆِู„ِ ูِูŠ ูƒِุชَุงุจِู‡ِ ุงู„ูƒَุฑِูŠْู…ِ: ูَุงٰุชِ ุฐَุง ุงู„ْู‚ُุฑْุจٰู‰ ุญَู‚َّู‡ُ ูˆَุงู„ْู…ِุณْูƒِูŠْู†َ ูˆَุงุจْู†َ ุงู„ุณَّุจِูŠْู„ِۗ ุฐٰู„ِูƒَ ุฎَูŠْุฑٌ ู„ِّู„َّุฐِูŠْู†َ ูŠُุฑِูŠْุฏُูˆْู†َ ูˆَุฌْู‡َ ุงู„ู„ّٰู‡ِۖ ูˆَุงُูˆู„ٰูۤ‰ِูٕƒَ ู‡ُู…ُ ุงู„ْู…ُูْู„ِุญُูˆْู†َ (ุงู„ุฑูˆู…: ูฃูจ). ูˆَุงู„ุตَّู„َุงุฉُ ูˆَุงู„ุณَّู„َุงู…ُ ุนَู„َู‰ ุฃَุดْุฑَูِ ุงْู„ุฃَู†ْุจِูŠَุงุกِ ูˆَุงู„ْู…ُุฑْุณَู„ِูŠْู†َ، ู†َุจِูŠِّู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูˆَุนَู„َู‰ ุงٰู„ِู‡ِ ูˆَุฃَุตْุญَุงุจِู‡ِ ูˆَุงู„ุชَّุงุจِุนِูŠْู†، ุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†ْ ู„َّุง ุฅِู„ٰู‡َ ุฅِู„َّุง ุงู„ู„ู‡ُ ูˆَุญْุฏَู‡ُ ู„َุง ุดَุฑِูŠْูƒَ ู„َู‡ُ، ูˆَุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†َّ ุณَูŠِّุฏَู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏًุง ุนَุจْุฏُู‡ُ ูˆَุฑَุณُูˆْู„ُู‡ُ، ู„َุง ู†َุจِูŠَّ ุจَุนْุฏَู‡ُ. ุฃَู…َّุง ุจَุนْุฏُ، ูَูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„ْุญَุงุถِุฑُูˆْู†َ ุงู„ู…ُุตَู„ُّูˆู†َ، ุงِุชَّู‚ُูˆุง ุงู„ู„ู‡َ ุญَู‚َّ ุชُู‚َุงุชِู‡ِ ูˆَู„َุง ุชَู…ُูˆْุชُู†َّ ุฅِู„َّุง ูˆَุฃَู†ْุชُู…ْ ู…ُุณْู„ِู…ُูˆْู†َ

 

Hadirin sidang Jumat yang dirahmati Allah,

Pada setiap tanggal 17 Oktober, dunia internasional memperingati hari pengentasan kemiskinan atau yang disebut dengan International Day for the Eradication of Poverty. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global terkait masalah kemiskinan dan mendorong lahirnya upaya menghadapi dan menanggulangi kemiskinan.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, agama Islam juga memiliki perhatian besar terhadap masalah kemiskinan dengan pola distribusi kekayaan secara luas, tidak hanya di kalangan kelompok tertentu. Ajaran ini tercermin dalam beberapa aturan agama, seperti zakat, infak, sedekah, wakaf, dan sejenisnya. Hal ini direkam oleh imam Ibn ‘Asyur dalam kitab Maqashidus Syari’ah al-Islamiyah, juz III, halaman 470-471:

 

ูˆَุงู„ู…ู‚ْุตِุฏُ ุงู„ุดَّุฑْุนِูŠُّ ูِูŠ ุงู„ุฃَู…ْูˆَุงู„ِ ูƒُู„ِّู‡َุง ุฎَู…ْุณَุฉُ ุฃُู…ُูˆْุฑٍ: ุฑَูˆَุงุฌُู‡َุง، ูˆَูˆُุถُูˆْุญُู‡َุง، ูˆَุญِูْุธُู‡َุง، ูˆَุซَุจَุงุชُู‡َุง، ูˆَุงู„ุนَุฏْู„ُ ูِูŠْู‡َุง. ูَุงู„ุฑَّูˆَุงุฌُ ุฏُูˆْุฑَุงู†ُ ุงู„ู…َุงู„ِ ุจَูŠْู†َ ุฃَูŠْุฏِูŠْ ุฃَูƒْุซَุฑِ ู…َู†ْ ูŠُู…ْูƒِู†ُ ู…ِู†ْ ุงู„ู†َّุงุณِ ุจِูˆَุฌْู‡ٍ ุญَู‚ِّ

 

Artinya: "Tujuan syariat terkait harta ada pada lima aspek, yaitu peredarannya, kejelasan statusnya, jaminan kepemilikannya, stabilitasnya, dan keadilannya. Peredaran harta adalah pola distribusi harta kepada sebanyak mungkin manusia dengan cara yang benar."

 

Di Indonesia, pengelolaan zakat secara profesional sudah mencapai Rp41 triliun dari angka potensi sebesar Rp327 triliun. Pengelolaan wakaf secara profesional juga sudah mencapai Rp2,7 triliun dari angka potensi sebesar Rp180 triliun. Angka-angka ini dapat berperan secara signifikan untuk program pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan dan pemenuhan kebutuhan.

 

Hadirin sidang Jumat yang dirahmati Allah,

Memenuhi kebutuhan orang miskin merupakan perilaku yang menunjukkan kepedulian manusia sebagai fungsi sosial untuk saling membantu, sekaligus untuk saling memberikan kebahagiaan dengan cara berbagi. Allah Swt berfirman dalam surat Ar-Rum ayat 38:

 

ูَุงٰุชِ ุฐَุง ุงู„ْู‚ُุฑْุจٰู‰ ุญَู‚َّู‡ُ ูˆَุงู„ْู…ِุณْูƒِูŠْู†َ ูˆَุงุจْู†َ ุงู„ุณَّุจِูŠْู„ِۗ ุฐٰู„ِูƒَ ุฎَูŠْุฑٌ ู„ِّู„َّุฐِูŠْู†َ ูŠُุฑِูŠْุฏُูˆْู†َ ูˆَุฌْู‡َ ุงู„ู„ّٰู‡ِۖ ูˆَุงُูˆู„ٰูۤ‰ِูٕƒَ ู‡ُู…ُ ุงู„ْู…ُูْู„ِุญُูˆْู†َ

 

Artinya: “Oleh karena itu, berikanlah hak (sedekah dari sebagian rezeki) kepada kerabat dekat, orang miskin, dan orang yang dalam perjalanan. Itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang mencari keridaan Allah. Mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

 

Ayat ini dipahami oleh Imam Ibnu ‘Asyur dalam kitab At-Tahrir wal Tanwir, juz 21, halaman 470-102:

 

ูˆَุฅِู„َู‰ ุฃَู†َّ ู…ِู†َ ุงู„ْุญَู‚ِّ ุงู„ุชَّูˆْุณِุนَุฉَ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…ُุถَูŠَّู‚ِ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ُ ุงู„ุฑِّุฒْู‚ُ، ูƒَู…َุง ูŠُุญِุจُّ ุฃَู†ْ ูŠُูˆَุณِّุนَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุฑِุฒْู‚َู‡ُ

 

Artinya: “Termasuk hak yang harus diberikan orang yang rezekinya lapang adalah memberikan kenyamanan hidup dengan pemenuhan kebutuhan bagi orang yang rezekinya sempit, sebagaimana ia merasa nyaman jika rezekinya dilapangkan.”

 

Pada dasarnya, semua manusia merasa bahagia dan nyaman ketika mendapatkan rezeki untuk memenuhi kebutuhan dan keluar dari jurang kemiskinan. Oleh karena itu, orang yang memberikan sebagian rezeki sesungguhnya tidak mengurangi kebahagiaan hidupnya. Jika ia tidak berbagi, maka hartanya tidak bertambah, sekaligus tidak bisa menambah kebahagiaan hidupnya. Hal ini ditegaskan Imam Fakhruddin Ar-Razi dalam kitab Mafatihul Ghaib atau yang dikenal dengan nama Tafsir Al-Kabir, juz 25, halaman 102:

 

ูَู„َุง ูŠَู†ْุจَุบِูŠ ุฃَู†ْ ูŠَุชَูˆَู‚َّูَ ุงู„ْุฅِู†ْุณَุงู†ُ ูِูŠ ุงู„ْุฅِุญْุณَุงู†ِ ูَุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ุฅِุฐَุง ุจَุณَุทَ ุงู„ุฑِّุฒْู‚َ ู„َุง ูŠَู†ْู‚ُุตُ ุจِุงู„ْุฅِู†ْูَุงู‚ِ، ูˆَุฅِุฐَุง ู‚َุฏَุฑَ ู„َุง ูŠَุฒْุฏَุงุฏُ ุจِุงู„ْุฅِู…ْุณَุงูƒِ

 

Artinya: “Maka seharusnya manusia tidak berhenti berbuat baik/berbagi rezeki kepada orang lain karena jika Allah memberikan rezeki yang lapang kepadanya, maka tidak akan berkurang jika disedekahkan. Jika Allah memberikan rezeki secukupnya, maka tidak akan bertambah jika ditahan/tidak disedekahkan.”

 

Hadirin sidang Jumat yang dirahmati Allah,

Pengentasan kemiskinan tidak dapat diselesaikan dengan memberikan sebagian rezeki melalui zakat, infak, sedekah, wakaf, dan sebagainya, tetapi dengan pemenuhan lapangan kerja dan pemberdayaan masyarakat tidak mampu. Langkah ini dianggap lebih tepat dan baik dari sekedar memberikan sebagian rezeki secara sukarela kepada orang yang tidak mampu. Hal ini yang dipahami Imam Al-Baghawi ketika menafsirkan Surat Az-Zukhruf ayat 32 dalam kitab Ma’alim al-Tanzil fi Tafsir al-Qur’an, juz 4, halaman 159:

 

ู„ِูŠَุชَّุฎِุฐَ ุจَุนْุถُู‡ُู…ْ ุจَุนْุถุงً ุณُุฎْุฑِูŠًّุง، ู„ِูŠَุณْุชَุฎْุฏِู…َ ุจَุนْุถُู‡ُู…ْ ุจَุนْุถًุง ูَูŠُุณَุฎِّุฑُ ุงู„ْุฃَุบْู†ِูŠَุงุกُ ุจِุฃَู…ْูˆَุงู„ِู‡ِู…ُ ุงู„ْุฃُุฌَุฑَุงุกَ ุงู„ْูُู‚َุฑَุงุกَ ุจِุงู„ْุนَู…َู„ِ، ูَูŠَูƒُูˆู†ُ ุจَุนْุถُู‡ُู…ْ ู„ِุจَุนْุถٍ ุณَุจَุจَ ุงู„ْู…َุนَุงุดِ ู‡َุฐَุง ุจِู…َุงู„ِู‡ِ، ูˆَู‡َุฐَุง ุจِุฃَุนْู…َุงู„ِู‡ِ، ูَูŠَู„ْุชَุฆِู…ُ ู‚ِูˆَุงู…ُ ุฃَู…ْุฑِ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِ

 

Artinya: “Agar sebagian mereka dapat memanfaatkan sebagian yang lain, yaitu agar sebagian mereka dapat mempekerjakan (meminta bantuan pekerjaan) kepada yang lain, sehingga orang kaya dapat memberikan upah dengan hartanya kepada orang miskin dari pekerjaan yang dilakukannya. Dari sini, maka muncul harmonisasi hidup di antara seluruh manusia. Yang kaya berperan dengan hartanya dan yang miskin berperan dengan pekerjaannya, sehingga terpenuhilah kebutuhan kehidupan seluruh manusia.”

 

Mempekerjakan orang tidak mampu bukan sekadar memenuhi kebutuhannya, melainkan mengangkat derajat orang tidak mampu dari garis kemiskinan ke wilayah kecukupan. Selain itu, mempekerjakan orang tidak mampu juga mengangkat derajatnya di hadapan Allah karena orang yang mendapatkan rezeki dari hasil usaha dan kerja sendiri jauh lebih baik dari pada orang yang mendapatkan rezeki dari pemberian orang lain. Hal ini ditegaskan Nabi dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab Shahih Al-Bukhari, juz 2, halaman 18:

 

ู„َุฃَู†ْ ูŠَุญْุชَุทِุจَ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ุญُุฒْู…َุฉً ุนَู„َู‰ ุธَู‡ْุฑِู‡ِ، ุฎَูŠْุฑٌ ู„َู‡ُ ู…ِู†ْ ุฃَู†ْ ูŠَุณْุฃَู„َ ุฃَุญَุฏًุง، ูَูŠُุนْุทِูŠَู‡ُ ุฃَูˆْ ูŠَู…ْู†َุนَู‡ُ

 

Artinya: “Sungguh memikul kayu bakar di atas punggungnya lebih baik dari pada meminta-minta kepada orang lain, kemudian orang lain memberinya atau tidak memberinya.”

 

Hadirin sidang Jumat yang dirahmati Allah,

Pemberantasan kemiskinan adalah tugas bersama seluruh elemen masyarakat. Kita semua dapat memberikan peran dan kontribusi dengan cara memberikan sebagian rezeki kita melalui zakat, infak, sedekah, wakaf, dan lain sebagainya untuk memenuhi kebutuhan orang miskin. Lebih dari itu, sebagian kita yang memiliki kelebihan rezeki melimpah juga memberikan lapangan pekerjaan untuk memberdayakan orang miskin. Semoga Allah selalu memberikan keberkahan untuk kita semua yang mau berbagi rezeki dengan cara yang baik dan bermanfaat untuk orang lain. Amin ya rabbal ‘alamin.

 

ุฃَู‚ُูˆْู„ُ ู‚َูˆْู„ِูŠْ ู‡ٰุฐَุง ูˆَุฃَุณْุชَุบْูِุฑُ ุงู„ู„ู‡َ ู„ِูŠْ ูˆَู„َูƒُู…ْ، ูَุงุณْุชَุบْูِุฑُูˆْู‡ُ، ุฅِู†َّู‡ُ ู‡ُูˆَ ุงู„ْุบَูُูˆْุฑُ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ُ

  Khutbah II

 

ุงَู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ِู„ّٰู‡ِ. ูˆَุงู„ุตَّู„َุงุฉُ ูˆَุงู„ุณَّู„َุงู…ُ ุนَู„َู‰ ู†َุจِูŠِّู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏِ ุจْู†ِ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„ู‡ ูˆَุนَู„َู‰ ุงٰู„ِู‡ِ ูˆَุฃَุตْุญَุงุจِู‡ِ ูˆَู…َู†ْ ุชَุจِุนَู‡ُู…ْ ุจِุฅِุญْุณَุงู†ٍ ุฅِู„َู‰ ูŠَูˆْู…ِ ุงู„ู‚ِูŠَุงู…َุฉ، ุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†ْ ู„َّุง ุฅِู„ْู‡َ ุฅِู„َّุง ุงู„ู„ู‡ُ ูˆَุญْุฏَู‡ُ ู„َุง ุดَุฑِูŠْูƒَ ู„َู‡ُ، ูˆَุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†َّ ุณَูŠِّุฏَู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏًุง ุนَุจْุฏُู‡ُ ูˆَุฑَุณُูˆْู„ُู‡ُ، ู„َุง ู†َุจِูŠَّ ุจَุนْุฏَู‡ُ. ุฃَู…َّุง ุจَุนْุฏُ، ูَูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„ْุญَุงุถِุฑُูˆْู†َ ุงู„ู…ُุณู„ِู…ُูˆู†َ، ุงِุชَّู‚ُูˆุง ุงู„ู„ู‡َ ุญَู‚َّ ุชُู‚َุงุชِู‡ِ ูˆَุงุนู„َู…ُูˆุง ุงِู†َّ ุงู„ู„ّٰู‡َ ู…َุนَ ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุงุชَّู‚َูˆْุง ูˆَّุงู„َّุฐِูŠْู†َ ู‡ُู…ْ ู…ُّุญْุณِู†ُูˆْู†َ، ู‚َุงู„َ ุชَุนุงَู„َู‰ ุฅِู†َّ ุงู„ู„ู‡َ ูˆَู…َู„ุขุฆِูƒَุชَู‡ُ ูŠُุตَู„ُّูˆْู†َ ุนَู„ู‰َ ุงู„ู†َّุจِู‰ ูŠุข ุงَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุขู…َู†ُูˆْุง ุตَู„ُّูˆْุง ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„ِّู…ُูˆْุง ุชَุณْู„ِูŠْู…ًุง

ุงَู„ู„ّٰู‡ُู…َّ ุงุบْูِุฑْ ู„ِู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠْู†َ ูˆَุงْู„ู…ُุคْู…ِู†َุงุชِ ูˆَุงْู„ู…ُุณْู„ِู…ِูŠْู†َ ูˆَุงْู„ู…ُุณْู„ِู…َุงุชِ ุงَู„ุงَุญْูŠุขุกُ ู…ِู†ْู‡ُู…ْ ูˆَุงْู„ุงَู…ْูˆَุงุชِ ุงَู„ู„ّٰู‡ُู…َّ ุฃَุนِุฒَّ ุงْู„ุฅِุณْู„ุงَู…َ ูˆَุงْู„ู…ُุณْู„ِู…ِูŠْู†َ ูˆَุฃَุฐِู„َّ ุงู„ุดِّุฑْูƒَ ูˆَุงْู„ู…ُุดْุฑِูƒِูŠْู†َ. ุงَู„ู„ّٰู‡ُู…َّ ุงุฏْูَุนْ ุนَู†َّุง ุงْู„ุจَู„ุงَุกَ ูˆَุงْู„ูˆَุจَุงุกَ ูˆَุงู„ุฒَّู„ุงَุฒِู„َ ูˆَุงْู„ู…ِุญَู†َ ูˆَุณُูˆْุกَ ุงْู„ูِุชْู†َุฉِ ู…َุง ุธَู‡َุฑَ ู…ِู†ْู‡َุง ูˆَู…َุง ุจَุทَู†َ ุนَู†ْ ุจَู„َุฏِู†َุง ุงِู†ْุฏُูˆู†ِูŠْุณِูŠَّุง ุฎุขุตَّุฉً ูˆَุณَุงุฆِุฑِ ุงْู„ุจُู„ْุฏَุงู†ِ ุงْู„ู…ُุณْู„ِู…ِูŠْู†َ ุนุขู…َّุฉً ูŠَุง ุฑَุจَّ ุงْู„ุนَุงู„َู…ِูŠْู†َ. ุฑَุจَّู†َุง ุขุชِู†ุงَ ูِู‰ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ุญَุณَู†َุฉً ูˆَูِู‰ ุงْู„ุขุฎِุฑَุฉِ ุญَุณَู†َุฉً ูˆَู‚ِู†َุง ุนَุฐَุงุจَ ุงู„ู†َّุงุฑِ. ุฑَุจَّู†َุง ุธَู„َู…ْู†َุง ุงَู†ْูُุณَู†َุง ูˆَุฅู†ْ ู„َู…ْ ุชَุบْูِุฑْ ู„َู†َุง ูˆَุชَุฑْุญَู…ْู†َุง ู„َู†َูƒُูˆْู†َู†َّ ู…ِู†َ ุงْู„ุฎَุงุณِุฑِูŠْู†َ

ุนِุจَุงุฏَุงู„ู„ู‡ِ ! ุฅِู†َّ ุงู„ู„ู‡َ ูŠَุฃْู…ُุฑُ ุจِุงْู„ุนَุฏْู„ِ ูˆَุงْู„ุฅِุญْุณَุงู†ِ ูˆَุฅِูŠْุชุขุกِ ุฐِูŠ ุงْู„ู‚ُุฑْุจู‰َ ูˆَูŠَู†ْู‡َู‰ ุนَู†ِ ุงْู„ูَุญْุดุขุกِ ูˆَุงْู„ู…ُู†ْูƒَุฑِ ูˆَุงْู„ุจَุบْูŠ ูŠَุนِุธُูƒُู…ْ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชَุฐَูƒَّุฑُูˆْู†َ ูˆَุงุฐْูƒُุฑُูˆุง ุงู„ู„ู‡َ ุงْู„ุนَุธِูŠْู…َ ูŠَุฐْูƒُุฑْูƒُู…ْ ูˆَุงุดْูƒُุฑُูˆْู‡ُ ุนَู„ู‰َ ู†ِุนَู…ِู‡ِ ูŠَุฒِุฏْูƒُู…ْ ูˆَู„َุฐِูƒْุฑُ ุงู„ู„ู‡ِ ุฃَูƒْุจَุฑْ

 

Ustadz Fatihunnada, Dosen Fakultas Dirasat Islamiyyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga