Update Haji 2024: Jamaah Meninggal Capai 165 Orang, Tertua Berusia Hampir 100 Tahun - Okezone

 

Update Haji 2024: Jamaah Meninggal Capai 165 Orang, Tertua Berusia Hampir 100 Tahun

MAKKAH - Sistem komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag) mencatat jamaah haji asal Indonesia meninggal di Arab Saudi mencapai 165 jamaah. Data tersebut tercatat sampai Rabu (19/6/2024).

Jamaah yang meninggal dunia adalah mereka yang telah lanjut usia dan risiko tinggi (risti) dari beberapa kloter. Sementara jamaah meninggal yang tertua adalah Solehuddin Mawi (94) dari kloter SUB 38.

Saat ini, seluruh jamaah haji Indonesia baru saja menjalani puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Mereka diimbau untuk menunda pelaksanaan tawaf ifadah dan sai hingga kondisinya pulih dan bugar kembali. Hal ini juga untuk menjaga keselamatan jiwa dan kesehatan jamaah haji.

“Jamaah haji yang sudah mulai kembali ke hotel dan belum melaksanakan thawaf ifadhah diimbau untuk beristirahat dan memulihkan kebugaran fisik dan menunda thawaf ifadhah dan sa'i hingga pulih dan bugar kembali,” ujar Kepala Daerah Kerja Makkah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Khalilurrahman.

Khalil juga meminta jamaah haji untuk tidak melakukan aktivitas yang menguras fisik dan tenaga seperti ziarah atau umrah sunnah berulang kali.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

ia mengatakan, bagi jamaah haji gelombang 1 kloter awal yang akan pulang ke Tanah Air atau jamaah gelombang 2 yang akan ke Madinah diminta untuk mencermati rencana jadwal kepulangan dan menuntaskan pelaksanaan tawaf ifadah dan sai sebelum pulang.

Sedangkan, jamaah haji lansia, sakit, lemah dan risiko tinggi (risti), serta jamaah wanita yang sedang haid, gugur kewajiban tawaf wada dan tidak dikenakan dam.

“Jamaah haji yang sehat dan tidak ada halangan atau uzur, melaksanakan tawaf wada paling lambat 12 jam sebelum rencana jadwal pulang,” tutup Khalilurrahman.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmi)

Komentar

Baca Juga

Postingan Populer

Syekh Abdul Wahab Al-Shaibi Jadi Penerus Pemegang Kunci Ka'bah - detik

27 Ribu Jemaah Haji 2024 Tiba di Bandara Soetta - Viva

25 Jemaah Haji Sakit Dipulangkan Lebih Awal, 7 Ribu Kembali ke Tanah Air Hari Ini - Viva

Kisah Fahmi Warga Jakarta, Gowes Sendirian Demi Hadiri Haul Habib Abu Bakar di Gresik - Gresik Satu

Nasab Habib atau Keturunan Nabi di Indonesia Diragukan, Ini Kata Buya Yahya - Liputan 6