Syekh Abdul Wahab Al-Shaibi Jadi Penerus Pemegang Kunci Ka'bah - detik

 

Syekh Abdul Wahab Al-Shaibi Jadi Penerus Pemegang Kunci Ka'bah

Kristina

Makkah -

Kerajaan Arab Saudi baru saja menggelar upacara adat penyerahan kunci Ka'bah kepada pengurus barunya. Keturunan tertua Al-Shaibi, Syekh Abdul Wahab bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi, kini menjadi penjaga dan pemegang kunci Ka'bah ke-78.

Upacara adat penyerahan kunci Ka'bah dilakukan di Makkah pada Senin (24/6/2024), lapor Saudi Gazette. Penyerahan kunci ini dilakukan usai wafatnya pemegang sebelumnya, Syekh Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi, pada Sabtu akhir pekan lalu.

Dalam upacara tersebut, putra Syekh Saleh Al-Shaibi, Syekh Abdul Rahman bin Saleh Al-Shaibi menyerahkan kunci Ka'bah kepada Syekh Abdul Wahab Al-Shaibi. Selain kunci Ka'bah, Syekh Saleh Al-Shaibi juga menyerahkan kunci Maqam Ibrahim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Syekh Abdul Wahab Al Shaibi kemudian memanjatkan doa usai menerima kunci Ka'bah tersebut.

"Semoga Tuhan memberi saya kesuksesan dalam menjalankan tugas ini di bawah pemerintahan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota serta Perdana Menteri Mohammed bin Salman," ujarnya usai menerima kunci.

Syekh Abdul-Wahhab akan membuka Ka'bah untuk memudahkan upacara pencucian tahunan pada 15 Muharram 1446 H mendatang.

Selama lebih dari 1300 tahun amanah penjaga sekaligus pemegang kunci Ka'bah dipercayakan kepada keluarga Al-Shaibi. MM News melaporkan, Nabi Muhammad SAW mempercayakan kunci pintu tempat suci tersebut usai penaklukan Makkah (Fathu Makkah) pada 630 M.

Keluarga Al-Shaibi terus menghormati tradisi Nabi Muhammad SAW dengan mewariskan jabatan penjaga atau dalam bahasa Arab sadin, kepada keturunannya. Setelah peristiwa Fathu Makkah, Rasulullah SAW memasuki Ka'bah dan menghancurkan semua berhala yang ada di dalamnya, mencucinya, dan menutup pintu gerbangnya.

Beliau kemudian memanggil sahabatnya, Utsman bin Thalhah dari keluarga bani Shaiba dan memberinya kunci. "Kunci-kunci ini akan tetap bersamamu sampai hari kiamat. Tidak ada seorang pun yang dapat mengambilnya darimu kecuali seorang penindas," sabda Rasulullah SAW kala itu.

Sejak saat itu, keluarga Al-Shaiba menjadi penjaga sekaligus pemegang kunci Ka'bah. Mereka juga bertugas merawat dan menjaga kebersihan dan kesucian Ka'bah.

Syekh Abdul Wahab Al-Shaibi kini memegang posisi terhormat sebagai penerus Utsman bin Thalhah ke-110. Ia menggantikan Syekh Saleh Al-Shaibi yang merupakan ulama besar, akademisi dan penulis setelah menjabat selama lebih dari satu dekade.

(kri/lus)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga