Seribu Orang Jemaah Haji Wafat Akibat Panas Ekstrem, 80 Persen Haji Ilegal - Disway

 

Seribu Orang Jemaah Haji Wafat Akibat Panas Ekstrem, 80 Persen Haji Ilegal

Editor: Taufiqur Rahman|

Senin 24-06-2024,18:35 WIB
Seribu Orang Jemaah Haji Wafat Akibat Panas Ekstrem, 80 Persen Haji Ilegal

Ilustrasi Jamaah Haji-Pixabay-

HARIAN DISWAY - Kementrian Kesehatan Saudi mencatat jemaah haji wafat pada musim haji 1445 H/2024 mencapai 1.301 orang.

Dari jumlah tersebut, 234 orang diantaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

Menkes Saudi Fahd bin Abdurrahman Al-Jalajel menjelaskan bahwa dari 1.301 nyawa jamaah haji yang tak terselamatkan itu, 83 perseb di antaranya adalah jamaah ilegal.

Salah satu penyebab wafatnya para jamaah tak sah itu ialah karena perjalanan jauh yang harus mereka tempuh di atas tanah Makkah yang mengalami lonjakan suhu cukup drastis.

Tak main-main, Pusat Meteorologi Nasional Saudi memaparkan bahwa tingkat suhu tertinggi pada musim haji kali ini di Mekkah mencapai 51,8 derajat celcius.

Sejumlah orang juga diketahui pingsan saat dalam proses lempar jamrah.

Fahd pun menerangkan kalau sejumlah 95 jamaah kini sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit dan ada juga yang dialihkan ke Riyadh untuk ditangani.

Proses identifikasi yang mereka lakukan sempat tertunda beberapa waktu karena jamaah yang wafat tak meninggalkan dokumen identitas mereka.

Selain karena ekstremnya cuaca, Kemenkes Saudi juga memaparkan bahwa penyebab wafatnya para jamaah haji tak sah itu karena dari mereka ada yang mengidap penyakit kronis dan juga berusia lanjut.

BACA JUGA:Jadwal Pelaksanaan Haji Tahun 2025 Mendatang dan Jatah Kuota Indonesia Sudah Diumumkan, Berikut Jumlahnya

BACA JUGA:Sebelum Pulang Ke Tanah Air, PPIH Ingatkan Jemaah Haji Untuk Tawaf Wada

Meskipun total jamaah yang wafat tahun ini terbilang cukup tinggi, ternyata di tahun sebelumnya ada yang jauh lebih tinggi.

Contohnya seperti ketika tahun 2015 ada lebih dari 2.400 jamaah yang wafat di Makkah Al-Mukarramah. Lalu, tahun 1990 menyusul dengan total jamaah haji yang wafat sejumlah 1.426 orang.

Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan (Siskohatkes) mencatat ada penurunan jumlah jamaah dari Indonesia yang wafat di tanah suci 1445 H ini dari beberapa tahun sebelumnya.

Tahun 2023 lalu menjadi tahun dengan tingkat jamaah haji tertinggi yang wafat di tanah mulia dengan total 773 orang.

Web resmi Kemenag yang membahas seputar haji itu juga menuliskan dari 234 jamaah yang wafat tahun ini, 21 orang di antaranya berasal dari jalur khusus sedangkan lainnya dari jalur reguler.

BACA JUGA:Gangguan Server PDN Lumpuhkan Layanan Publik, Garuda Indonesia dan Jemaah Haji Sempat Terdampak

Adapun mengenai fenomena banyaknya jamaah haji tak sah yang memaksakan diri mengikuti proses haji memang sudah menjadi buah bibir dari tahun ke tahun.

Disadur dari kemenag.go.id bahwa fenomena jamaah tak resmi ini dapat muncul karena ada oknum yang menawarkan perjalanan haji, tapi menggunakan visa non haji.

Visa non haji itu dapat berupa visa ziarah multiple, visa ummal, visa turis, dan beberapa visa lainnya. Meski terkesan ilegal, ternyata banyak yang tergiur dengan penawaran tersebut.

Kebanyakan dari mereka adalah jamaah yang tak sabar menunggu antrean haji, padahal ada resiko besar di balik praktik terselubung itu.

Resiko utama yang harus mereka tanggung adalah mereka tidak dianggap sebagai jamaah haji. Jadi, mereka tak memiliki hak maupun perlindungan apapun dari pemerintah atau lembaga haji resmi terkait.

Fasilitas yang tak mereka miliki itu mencakup kuota lokasi (maktab) saat wukuf di  Padang Arafah. Alhasil, mereka menyerobot tenda milik jamaah lain yang legal.

Jika seorang WNI merupakan jamaah ilegal, maka ketika mereka bermasalah dengan otoritas hukum di Saudi, dampak yang ditimbulkan juga akan menyeret pihak pemerintah Indonesia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar

Baca Juga

Postingan Populer

Syekh Abdul Wahab Al-Shaibi Jadi Penerus Pemegang Kunci Ka'bah - detik

27 Ribu Jemaah Haji 2024 Tiba di Bandara Soetta - Viva

25 Jemaah Haji Sakit Dipulangkan Lebih Awal, 7 Ribu Kembali ke Tanah Air Hari Ini - Viva

Sakit, Jamaah Haji Debarkasi Banjarmasin Tertunda ke Tanah Air - RRI

Air Zamzam yang Dimasukkan Jamaah Haji ke Koper Bagasi akan Disita Maskapai - NU Online