Ratusan Ribu Jemaah Ilegal dapat Layanan Kesehatan Gratis- RRI

 

RRI.co.id - Ratusan Ribu Jemaah Ilegal dapat Layanan Kesehatan Gratis

KBRN, Jakarta: Sebanyak 1,3 juta jemaah haji 2024 mendapatkan pelayanan kesehatan gratis oleh petugas medis Arab Saudi. Bahkan, sebanyak 141.000 jemaah haji yang tidak memiliki izin resmi atau Ilegal juga mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Sistem kesehatan menyediakan lebih dari 465.000 layanan perawatan khusus. Termasuk 141.000 layanan bagi mereka yang tidak mendapatkan izin resmi untuk menunaikan ibadah haji (2024),” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Arab Saudi Fahd Al-Jalajel dalam keterangan persnya seperti dilansir laman Sputnik, Senin (24/6/2024).



Dia membeberkan, rincian penyediaan layanan kesehatan gratis untuk jemaah haji 2024. Sekitar 1,3 juta layanan pencegahan diberikan, termasuk deteksi dini, vaksinasi, dan perawatan medis pada saat kedatangan.

"Layanan kesehatan yang ditawarkan mencakup operasi jantung terbuka, kateterisasi jantung, dialisis. Dan perawatan darurat dengan total lebih dari 30.000 layanan ambulans," ucapnya.

Selain itu, dia mengatakan, sebanyak 95 operasi ambulans udara juga dioperasikan untuk memberikan pelayanan kesehatan tingkat lanjut. Di antaranya, di kota-kota medis di seluruh Kerajaan.

"Sistem layanan kesehatan menyediakan hampir 6.500 tempat tidur dan kamar. Kesuksesan pelayanan kesehatan dapat terwujud melalui upaya terkoordinasi dari sistem kesehatan dan aparat keamanan haji," ujarnya.


Komentar

Baca Juga

Postingan Populer

Syekh Abdul Wahab Al-Shaibi Jadi Penerus Pemegang Kunci Ka'bah - detik

27 Ribu Jemaah Haji 2024 Tiba di Bandara Soetta - Viva

25 Jemaah Haji Sakit Dipulangkan Lebih Awal, 7 Ribu Kembali ke Tanah Air Hari Ini - Viva

Air Zamzam yang Dimasukkan Jamaah Haji ke Koper Bagasi akan Disita Maskapai - NU Online

Nasab Habib atau Keturunan Nabi di Indonesia Diragukan, Ini Kata Buya Yahya - Liputan 6