Panen Cuan Tukang Cukur di Jamarat: Satu Kepala yang Dibotaki Dibayar Rp129 Ribu - suara

 

Panen Cuan Tukang Cukur di Jamarat: Satu Kepala yang Dibotaki Dibayar Rp129 Ribu



Suara.com - Aktivitas menyukur kepala hingga pelontos alias gundul akan dilakukan jemaah haji usai melaksanakan lontar jumrah. Memotong rambut hingga gundul memang bagian penting pelaksanaan ibadah haji, khusus setelah lontar jumrah.

Jemaah haji belum tuntas jika rambutnya belum dipotong hingga plontos. Thallul merupakan sunah Rasulullah SAW, sehingga dianjurkan memotong rambutnya setelah lempar jumrah.

Di kawasan Jamarat, terdapat tukang cukur yang melayani jemaah haji usai melaksanakan lontar Aqobah di Mina, Arab Saudi. Bagi jemaah haji Indonesia yang ingin mencoba harus menyiapkan uang sekitar 30 Riyal atau setara Rp129 ribu.

Dua orang anggota Media Centre Haji (MCH) Tomy Cahyo Gutomo, wartawan DIsway dari Surabaya, Jawa Timur, dan Rohmat Hidayat dari Gatra, memilih salah satu barbershop di Jamarat.

Jika untung, jemaah haji bisa mendapatkan potongan harga, seperti yang dialami oleh Rohmat Hidayat. Ia mendapat diskon 10 Riyal.

"Saya seharusnya bayar 30 Riyal. Tapi saat saya bayar, dikembalilan 10 Riyal," kata Rohmat.

Rohmat mengatakan bahwa ia mencukur di sebuah barbershop paling pojok yang mengarah ke terowongan King Fahd dekat Syisyah, Mekkah. Barbershop itu berlantai dua.

Setidaknya ada lusinan barbershop di kawasan tersebut. Setiap barbershop memiliki dua orang pegawai di depan toko yang bertugas menggaet jemaah haji laki-laki yang pulang dari melontar Aqobah di Jamarat.

Para pegawai barbershop berteriak menawarkan jasa cukur rambut kepada jemaah haji. Tarifnya semua sama 30 Riyal.

Tomy Cahyo menceritakan rambutnya dicukur gundul oleh tukang cukur bernama Rizal. Menurut Rizal, di musim haji, ia bisa mencukur sekitar 100 orang per hari.

Barbershop di kawasan ini melayani 24 jam. Mulai 10 - 13 Dzulhijjah. Untuk jemaah yang ingin mencukur pun prosesnya mudah.

Menurut Rohmat dan Tomy, jemaah tinggal membayar dan setelah itu akan mendapatkan kupon. Setelah itu tinggal menunggu giliran untuk rambut diplontos sampai gundul.

Tapi kata Tomy, saat masuk ke ruangan cukur, pelanggan tidak akan menemukan gambar model rambut sebagaimana lazimnya sebuah barbershop. Di sini pelanggan tidak ada pilihan lain, selain model gundul.

Namun, pelanggan bisa meminta alat cukur yang baru kepada tukang cukur. Pelanggan cukup mengatakan "new, please." Si tukang cukur langsung mengeluarkan pisau baru.

Ada dua cara memotong rambut saat tahallul. Pertama halqu, mencukur sampai botak. Kedua, taqshir, memendekkan rambut dengan memotong sebagian. Minimal tiga helai. Dua cara itu sah. Bukan berarti haji yang gundul lebih haji daripada haji yang tidak gundul.

Komentar

Baca Juga

Postingan Populer

Kisah Fahmi Warga Jakarta, Gowes Sendirian Demi Hadiri Haul Habib Abu Bakar di Gresik - Gresik Satu

Nasab Habib atau Keturunan Nabi di Indonesia Diragukan, Ini Kata Buya Yahya - Liputan 6

Mengintip Proses Pengemasan Air Zamzam di Tanah Suci, Semua Jemaah Dijamin Kebagian - inews

Syekh Abdul Wahab Al-Shaibi Jadi Penerus Pemegang Kunci Ka'bah - detik

Kondisi Tenda Haji RI di Mina: Over Capacity-Tangga Tak Ramah Lansia - detik