Kondisi Tenda Haji RI di Mina: Over Capacity-Tangga Tak Ramah Lansia - detik

 

Kondisi Tenda Haji RI di Mina: Over Capacity-Tangga Tak Ramah Lansia

Makkah 

-

Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR melakukan pengecekan ke tenda jemaah RI di Maktab 72 di Mina, Arab Saudi. Dari hasil pengecekan ditemukan kondisi tenda over capacity hingga tangga berundak yang tak ramah lansia.

Pengecekan dilakukan oleh Anggota Timwas Haji DPR sekaligus Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Golkar, Ace Hasan Sadzily, pada Senin (17/6/2024) malam. Kang Ace ke lokasi bersama Anggota Timwas lainnya, Arteria Dahlan, yang juga Anggota Komisi III DPR RI.

Ada dua kloter yang dikunjungi yakni Kloter JKS-10 Kabupaten Bandung Barat, dan Kloter JKS-11 Kabupaten Bogor. Salah satu kloter yakni JKS-11 mengalami over capacity, sehingga sebagian jemaah dipindah ke tempat lain.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dari hasil pengawasan yang kami lakukan, masih ada beberapa catatan penting pertama soal masih adanya over capacity, jemaah kita terutama tadi yang saya saksikan di JKS-11 yang seharusnya 440 jemaah, ternyata hanya sekitar 380 sehingga sekitar 50 jemaah harus dipindah kentenda lain," jelas Kang Ace.

Anggota Timwas Haji DPR sekaligus Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Golkar, Ace Hasan Sadzily mengunjungi Maktab 72 di Mina (Mei/detikcom)

Foto: Anggota Timwas Haji DPR sekaligus Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Golkar, Ace Hasan Sadzily mengunjungi Maktab 72 di Mina (Mei Amelia/detikcom)

Kang Ace juga menemukan kondisi tempat mandi, cuci, kakus (MCK) di Maktab 72 yang kurang memadai. Para jemaah harus mengantre karena ketersediaan MCK yang kurang memadai.

"Kedua ketersediaan MCK jemaah yang saat terbatas. Pada wakti-waktu tertentu para jemaah harus antre panjang, terutama menjelang salat," kata Kang Ace.

Kurangnya fasilitas MCK di Maktab ini bahkan membuat jemaah perempuan terpaksa buang air kecil di samping tenda jemaah pria.

"Bahkan kami temukan ada beberapa jemaah yang misalnya harus buang air kecil di luar tnda toilet yang bisa mengganggu kondisi para jemaah," katanya.

Tangga Tak Ramah Lansia

Kang Ace juga mengungkap kondisi maktab 72 yang tidak ramah lansia. Adanya tangga berundak menuju ke tenda menyulitkan jemaah lansia.

Sebagai informasi, Maktab 72 ini berada di perbukitan dengan kontur yang menanjak, sehingga beberapa tenda terdapat di dataran yang lebih tinggi daripada tenda lainnya.

"Yang ketiga, terutama saya lihat di sini kan harus naik ke atas, naik tangga yang tentu bagi para lansia ini kondisi yang sulit," katanya.

"Sehingga, haji ramah lansia dalam kontes yang kami temukan di Maktab 72 di JKS 10 dan JKS-11 tentu akan menyulitkan lansia untuk bisa naik ke atas sampai," pungkasnya.

Simak Video 'Kondisi Miris Difabel Tidur di Antara Selasar Kasur di Mina':

(mea/azh)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga