Haji 2024, Arab Saudi Catat Ribuan Jemaah Meninggal - RRI

 

RRI.co.id - Haji 2024, Arab Saudi Catat Ribuan Jemaah Meninggal

KBRN, Jakarta: Pemerintah Arab Saudi melaporkan sebanyak 1.301 jemaah haji 2024 meninggal dunia, di Makkah. Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Arab Saudi Fahd Al-Jalajel.

"Total 1.301 orang jemaah haji meninggal karena sebab alamiah. Kemudian, lebih dari 83 persen dari mereka tidak terdaftar," kata Fahd saat berbincang dengan stasiun televisi Saudi, Al-Ekhbariya, dikutip Senin (24/6/2024).

Dia merinci, terdapat 95 orang jemaah haji yang tidak terdaftar berada di sejumlah rumah sakit di Arab Saudi. Bahkan, beberapa jemaah haji harus diterbangkan ke ibu kota Riyadh untuk menerima bantuan medis.

"Secara keseluruhan, dokter di Saudi memberikan perawatan medis darurat kepada jemaah sebanyak 30.000 kali selama haji tahun ini. Kemudian, tambahan sebanyak 6.500 tempat tidur rumah sakit ditempatkan di sejumlah lokasi yang digunakan untuk beribadah," katanya seperti dilansir laman Sputnik.

Dia juga menyoroti, persoalan kesehatan jemaah haji akibat cuaca panas. "Musim haji 2023, sebanyak 240 orang meninggal dan lebih dari 10.000 orang jemaah mengalami sakit dampak cuaca panas," ujarnya.



Komentar

Baca Juga

Postingan Populer

Syekh Abdul Wahab Al-Shaibi Jadi Penerus Pemegang Kunci Ka'bah - detik

27 Ribu Jemaah Haji 2024 Tiba di Bandara Soetta - Viva

Kisah Fahmi Warga Jakarta, Gowes Sendirian Demi Hadiri Haul Habib Abu Bakar di Gresik - Gresik Satu

25 Jemaah Haji Sakit Dipulangkan Lebih Awal, 7 Ribu Kembali ke Tanah Air Hari Ini - Viva

Nasab Habib atau Keturunan Nabi di Indonesia Diragukan, Ini Kata Buya Yahya - Liputan 6