Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsy untuk Dongkrak Ekonomi Lokal, DPRD Jateng Siap Kolaborasi dengan Pemkot - Radar Solo

 

Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsy untuk Dongkrak Ekonomi Lokal, DPRD Jateng Siap Kolaborasi dengan Pemkot - Radar Solo

RADARSOLO.COM - Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsy telah menjadi agenda rutin di Kota Solo. Ribuan jamaah hilir mudik berdatangan setiap tahun. Maka tak urung, banyak sektor mendapat manfaat selama acara haul digelar, utamanya pada sektor ekonomi lokal.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Quatly Abdulkadir Alkatiri menilai, hadirnya puluhan ribu jamaah haul dari berbagai daerah telah ikut mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Keberhasilan geliat ekonomi di acara haul Solo, memang membutuhkan kolaborasi berbagai pihak.

Sebagai wakil rakyat, Quatly menegaskan, DPRD Provinsi Jawa Tengah membuka ruang kolaborasi secara penuh bagi panitia, pemkot, maupun masyarakat. Menurutnya, masih ada sejumlah potensi di haul yang bisa lebih dioptimalkan lagi. Salah satunya mengenai fasilitas yang disediakan pemkot dalam mendukung acara.

Baca Juga: Tampung Masukan Warga dengan Tatap Muka, Quatly Abdulkadir Alkatiri: BUMDes Perlu Bersinergi dengan UMKM

”Kami selalu menggelar evaluasi usai acara. Satu yang mungkin bisa jadi masukan adalah tambahan pengadaan toilet portable untuk kebersihan tamu-tamu haul dan jamaah. Kami sering membicarakan hal itu bersama dinas terkait. Namun ternyata, di Solo sendiri hanya memiliki tiga toilet portable saja,” kata Quatly kepada Jawa Pos Radar Solo saat mengikuti agenda Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al Habsy, Sabtu (4/10).

Jumlah toilet portable tersebut tentu kurang optimal mengkaver jumlah jamaah haul yang mencapai puluhan ribu orang. Quatly pun menyarankan agar pengadaan tersebut bisa dianggarkan pemkot pada rancangan APBD selanjutnya. Sebab nantinya, fasilitas toilet juga bisa digunakan saat event-event lain di Solo yang rutin digelar.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Quatly Abdulkadir Alkatiri (ISTIMEWA)

”Ini yang termasuk usulan saya agar lebih maksimal melayani para tamu. Sekaligus menjaga nama baik Pemkot Solo, karena mengenai toilet portable ini cukup sulit jika harus meminjam atau mencari ke kabupaten/kota lain,” imbuh politisi PKS dari daerah pemilihan (dapil) VII (Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten) tersebut.

Baca Juga: Quatly Abdulkadir Alkatiri: Penguatan Pancasila sebagai Idelologi Bangsa

Selanjutnya, Quatly juga menyarankan agar ketertiban bisa ditingkatkan lagi selama acara haul digelar. Contohnya seperti membuka akses khusus untuk jalannya ambulans maupun kondisi gawat darurat lainnya. Satpol PP harus bisa lebih tegas lagi menjaga akses jalan tersebut. Jamaah juga harus menyadari bahwa di sekitar lokasi acara juga terdapat rumah sakit.

”Sebenarnya haul ini juga tidak hanya menjadi tanggung jawab pemkot maupun panitia, kami dari dewan akan terus berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk ikut melayani dengan optimal sesuai dengan kewenangannya,” jelasnya Quatly.

”Kami di sektor anggota dewan mungkin tidak mengetahui secara pasti kondisi di lapangan dan kebijakannya. Namun kami berkomitmen untuk bisa membantu, misal peningkatan fasilitas atau ingin dipercepat permohonan toilet kontainernya itu bisa kami usahakan,” tandasnya. (adv-nif)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin9 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga