Gelar Kursus Bahasa Inggris, Langkah PWNU Jateng dan YPI Nasima Peningkatan SDM Menuju Indonesia Emas - NU Online

 

Gelar Kursus Bahasa Inggris, Langkah PWNU Jateng dan YPI Nasima Peningkatan SDM Menuju Indonesia Emas

Semarang, NU Online Jateng 

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah bersama Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nasima Semarang, sejak lama telah merencanakan program beasiswa kursus Bahasa Inggris kepada guru Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU dan ustadz pesantren di bawah Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PWNU Jawa Tengah.


"Kami merencanakan ini sejak lama dengan Nasima. Kami satu visi dan keprihatinan yang sama juga, bahwa guru-guru sekolah dan pesantren perlu satu sentuhan konkrit untuk meningkatkan kapasitas bahasa mereka," ungkap Ketua PWNU Jawa Tengah, KH Abdul Ghaffar Rozin (Gus Rozin) saat launching English Scholarship di SMA Nasima Semarang, Jawa Tengah, Rabu (23/10/2024).


Oleh sebab itu, lanjut Gus Rozin, PWNU Jawa Tengah berkolaborasi dengan YPI Nasima Semarang meluncurkan program kursus Bahasa Inggris. Menurutnya, program ini merupakan langkah paling memungkinkan yang dapat dilakukan dengan waktu cukup cepat. Sebab, ia menilai Bahasa  Inggris masih sangat dibutuhkan.


"Bahasa Inggris tentu masih sangat kita butuhkan, karena di luar sana banyak sekali kesempatan yang tersedia bagi guru-guru yang mengharuskan cakap Inggris," kata Gus Rozin.


Melalui keterampilan Bahasa Inggris, menurut Gus Rozin dapat menjadi langkah bagi pendidik untuk belajar ke luar negeri atau 'go international'. Kemudian, membagikan kemampuan kebahasaannya kepada anak didik.


"Ini kesempatan yang baik untuk kita menuju Indonesia emas membangun peradaban," katanya.


Sementara itu, Pimpinan YPI Nasima Semarang, Indarti mengatakan bahwa hal ini salah satu bentuk khidmah Nasima di sebagai nahdliyyin untuk membantu PWNU Jawa Tengah. Salah satu  bentuk bantuan tersebut adalah dengan mempersiapkan guru-guru di madrasah ataupun ustadz di pesantren, menurutnya mampu mengembangkan kapabilitas penguasaan Bahasa Inggris.


"Harapannya mereka mampu bersaing dan bersanding dengan rekan-rekannya di kancah global. Tentu ini membawa dampak positif bagi sekolah maupun pesantren NU Jawa Tengah," ucapnya.


Program perdana PWNU Jawa Tengah bersama YPI Nasima Semarang dinilai berharga karena kerja sama menyiapkan kader-kader terbaik demi peningkatan kualitas pendidikan di Jawa Tengah. Lebih dari itu, Indarti mengatakan program ini barangkali menggugah pihak lain untuk berkolaborasi meningkatkan kapabilitas Sember Daya Manusia (SDM).


"Dalam menyambut Indonesia emas tidak bisa sendiri, harus dilakukan kolaborasi dengan berbagai pihak," ucapnya.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin9 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga