Khutbah Jumat: Menghormati Atribut Keagamaan di Ruang Publik - NU Online

 

Khutbah Jumat: Menghormati Atribut Keagamaan di Ruang Publik

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman ras, budaya, serta kepercayaan yang beragam. Tercatat ada 6 agama resmi yang diakui di Indonesia, dengan ciri khas atribut serta ritual ibadah masing-masing. Dengan keberagaman tersebut, bangsa Indonesia perlu mengedepankan sikap toleransi antar umat beragama, termasuk dalam menghormati penggunaan atribut keagamaan di muka publik oleh kalangan umat beragama lainnya.
 

Materi khutbah Jumat kali ini berjudul “Khutbah Jumat: Menghormati Atribut Keagamaan di Ruang Publik,” sebagai ikhtiar menjaga toleransi umat beragama untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan setiap umat beragama di muka publik. Untuk mencetak naskah khutbah Jumat ini, silakan klik ikon print berwarna merah di atas atau bawah artikel ini (pada tampilan desktop). Semoga bermanfaat! 
 

 

Khutbah I
 

اَلْحَمْدُ للهِ. اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَلِعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ لَا أُحْصِيْ ثَنَاءَكَ عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ, وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَخَلِيْلُهُ، خَيْرُ نَبِيٍّ أَرْسَلَهُ اللهُ إِلَى الْعَالَمِ كُلِّهِ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى الِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً وَسَلَامًا مُتَلَازِمَيْنِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ
 

فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ: يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْاۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ
 

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kita berbagai macam kenikmatan sehingga kita dapat memenuhi panggilan-Nya untuk menunaikan shalat Jumat. Nikmat yang harus digunakan dalam rangka memenuhi syariat yang telah ditetapkan-Nya.
 

Shalawat beserta salam, mari kita haturkan bersama kepada Nabi Muhammad saw, juga kepada para keluarganya, sahabatnya, dan semoga melimpah kepada kita semua selaku umatnya. Amin ya Rabbal ‘alamin.
 

Di hari Jumat yang penuh berkah ini, marilah kita meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah dengan selalu menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, dengan selalu berpegang teguh serta mengikuti sunnah-sunnah nabi-Nya.
 

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman ras, budaya, serta kepercayaan yang beragam. Tercatat terdapat 6 agama resmi yang diakui di Indonesia, dengan masing-masing memiliki ciri khas, ritual ibadah, dan atribut masing-masing yang digunakan sebagai tanda bahwa ia termasuk bagian dari penganut ajaran agamanya.
 

Dengan banyaknya perbedaan tersebut, selayaknya bagi umat beragama di Indonesia bisa saling menghormati, menjunjung tinggi sikap toleransi, dan mengedepankan sikap persaudaraan sesama bangsa Indonesia (ukhuwah wathaniyyah).
 

Dalam menanggapi perbedaan yang ada, seyogianya bagi umat Islam untuk menerapkan tiga sifat fundamental yaitu tawassuth (moderat), tasamuh (toleran), dan tawazun (seimbang). Dengan menerapkan ketiga sifat tersebut, kita akan dapat menerima perbedaan yang telah digariskan oleh Allah swt.
 

Termasuk bahkan perbedaan dalam urusan agama, umat Islam dalam hal ini diperintah untuk mengedepankan toleransi antar sesama umat beragama. Lebih jauh lagi, dalam penerapan sikap toleransi ini, umat Islam hendaknya bisa menghormati penggunaan atribut keagamaan oleh agama lainnya, dengan tidak merendahkan, mencibir, maupun berlaku buruk terhadap atribut keagamaan bagi agama lain.
 

Allah berfirman dalam surat Al-Mumtahanah: 8-9:
 

لَا يَنْهٰىكُمُ اللّٰهُ عَنِ الَّذِيْنَ لَمْ يُقَاتِلُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ وَلَمْ يُخْرِجُوْكُمْ مِّنْ دِيَارِكُمْ اَنْ تَبَرُّوْهُمْ وَتُقْسِطُوْٓا اِلَيْهِمْۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ ۝٨ اِنَّمَا يَنْهٰىكُمُ اللّٰهُ عَنِ الَّذِيْنَ قَاتَلُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ وَاَخْرَجُوْكُمْ مِّنْ دِيَارِكُمْ وَظَاهَرُوْا عَلٰٓى اِخْرَاجِكُمْ اَنْ تَوَلَّوْهُمْۚ وَمَنْ يَّتَوَلَّهُمْ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ ۝٩
 

Artinya: "Allah tidak melarang kalian umat Islam kepada orang-orang non-Muslim yang tidak memerangi kalian dalam (persoalan agama) dan tidak mengusir kalian dari rumah kalian untuk berbuat baik dan adil kepada mereka. Sungguh Allah menyukai orang-orang yang berbuat keadilan (8).
 

Yang Allah larang ialah untuk berbuat kasih kepada mereka (orang-orang non-Muslim) yang memerangi kalian dalam urusan agama dan terang-terangan mengusir kalian. Orang-orang (Muslim) yang berbuat kasih dengan mereka adalah merupakan orang-orang zalim (9)”. (QS Al-Mumtahanah: 8-9).
 

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan oleh Allah

Ayat di atas menurut Imam Al-Wahidi (wafat 468 H), dalam tafsirnya Al-Basith, juga Imam Ar-Razi (wafat 606 H), dalam tafsirnya Mafatihul Ghaib, turun untuk Suku Khuza’ah, yang nonmuslim. Mereka memiliki perjanjian damai dengan Nabi Muhammad saw untuk meninggalkan saling bermusuhan dan berperang satu sama lain. Kemudian Nabi memerintahkan untuk berbuat baik kepada mereka.
 

Ada juga riwayat dari Mus’ab bin Tsabit yang mengatakan bahwa ayat ini turun untuk Asma binti Abu Bakar yang kedatangan ibunya yang nonmuslim dengan membawa hadiah. Kemudian Asma tidak menerimanya dan bahkan tidak membiarkannya masuk ke dalam rumah. Asma meminta kepada Aisyah untuk menanyakannya kepada Nabi saw. Nabi memerintahkan untuk menerima hadiahnya dan mempersilahkannya masuk.
 

Ayat tersebut menjelaskan bagaimana seharusnya umat Islam bersikap dengan umat beragama lainnya. Bagaimana seharusnya umat Islam bersikap baik dan adil, toleran, dan saling menghargai antar umat beragama.
 

Dalam penerapannya, sikap persaudaraan memiliki tujuan penting lainnya yaitu menghilangkan segala bentuk diskriminasi. Semua sama dalam persaudaraan, tidak ada etnis atau golongan yang lebih unggul dari golongan yang lain.
 

Hal tersebut sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw dari riwayat Jabir bin Abdillah berikut:
 

يَا أَيُّهَا النَّاسُ، أَلَا إِنَّ رَبَّكُمْ وَاحِدٌ، وَإِنَّ أَبَاكُمْ وَاحِدٌ، أَلَا لَا فَضْلَ لِعَرَبِيٍّ عَلَى أَعْجَمِى وَلَا لِعَجَمِى عَلَى عَرَبِي وَلَا لِأَحْمَرَ عَلَى أَسْوَدَ وَلَا أَسْوَدَ عَلَى أَحْمَرَ إلَّا بِالتَّقْوَى،.... (مسند الإمام أحمد)
 

Artinya: “Wahai umat manusia, ingatlah! Sesungguhnya Tuhanmu itu satu, bapakmu itu satu. Ingatlah! Tidak ada keunggulan bagi bangsa Arab atas bangsa Ajam (selain Arab), pula bagi bangsa Ajam atas bangsa Arab. Tidak bagi yang merah atas yang hitam maupun sebaliknya kecuali dengan ketakwaan ..."  (HR Imam Ahmad).
 

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah

Perbedaan yang ada tidak bisa menjadi alasan bagi manusia untuk tidak saling memahami yang berujung pada konflik dan perseteruan. Justru dengan menciptakan keragaman tersebut, Allah bertujuan agar kita bisa saling mengenal satu sama lain dengan baik.
 

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al-Hujurat ayat 13:
 

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْاۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ
 

Artinya: “Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Mahateliti”. (QS Al-Hujurat: 13).
 

Ayat di atas dengan jelas menegaskan bahwa keragaman merupakan keniscayaan yang telah ditetapkan oleh Allah. Penciptaan keragaman tersebut bertujuan agar umat manusia saling mengenal satu sama lain tanpa membeda-bedakan golongan.
 

Imam Nawawi Al-Bantani dalam tafsirnya Marah Labid juz II halaman 440 menjelaskan, arti dari 'agar kalian saling mengenal' pada ayat di atas ialah agar umat manusia saling kenal mengenal satu sama lain sebagai manusia tanpa memperdulikan dan membangga-banggakan etnis, suku, atau golongan masing-masing.
 

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan oleh Allah

Dengan demikian, menjaga tali persaudaraan dan tetap mengedepankan toleransi memiliki peran dan posisi yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan menerapkannya dalam kehidupan, memungkinkan semua golongan masyarakat dari berbagai agama, ras, dan warna kulit untuk dapat hidup berdampingan secara damai.
 

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاٰيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَيَا فَوْزَ الْمُسْتَغْفِرِيْنَ وَيَا نَجَاةَ التَّائِبِيْنَ
 

 

Khutbah II
 

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ الْاِيْمَانِ وَالْاِسْلَامِ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْأَنَامِ، وَعَلٰى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْكِرَامِ. أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ الْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلَامُ وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدِنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَاحِبُ الشَّرَفِ وَالْإِحْتِرَامِ
 

أَمَّا بَعْدُ. فَيَا أَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى اِنَّ اللهَ وَ مَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ أٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَ سَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِي الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

اَللّٰهُمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ. وَعَنْ اَصْحَابِ نَبِيِّكَ اَجْمَعِيْنَ. وَالتَّابِعِبْنَ وَتَابِعِ التَّابِعِيْنَ وَ تَابِعِهِمْ اِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ
 

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ. اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْاَمْرَاضَ وَالْفِتَنَ مَا لَا يَدْفَعُهُ غَيْرُكَ عَنْ بَلَدِنَا هٰذَا اِنْدُوْنِيْسِيَّا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلَادِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا اٰتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِي الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

عِبَادَ اللهِ، اِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلٰى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرُ
 

 

Ustadz Alwi Jamalulel Ubab, Alumni Khas Kempek Cirebon.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga