Mengenal Nusuk, Kartu Sakti Jemaah Haji 2024 - CNN Indonesia

 

Mengenal Nusuk, Kartu Sakti Jemaah Haji 2024

LAPORAN HAJI DARI ARAB SAUDI

Jumat, 14 Jun 2024 08:48 WIB

Kartu Nusuk menjadi 'Kartu Sakti' yang wajib dimiliki dan dikenakan jemaah calon haji 2024. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)

Makkah, CNN Indonesia 

--

Kartu Nusuk menjadi 'Kartu Sakti' yang wajib dimiliki dan dikenakan jemaah calon haji 2024. Tanpa kartu ini, jemaah akan kesulitan untuk menjalani ibadah haji.

Nusuk adalah kartu pintar atau smart card yang diterbitkan pemerintah Arab Saudi. Kartu ini wajib selalu dibawa jemaah saat menjalani rangkaian haji.

Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH), Muhammad Firman Taufik, mengatakan Kartu Nusuk merupakan salah satu bagian terpenting bagi jemaah haji tahun ini.

"Nusuk itu khususnya di musim haji 2024 ini menjadi bagian terpenting yang harus dimiliki jemaah haji. Karena sekarang ada regulasi baru dari Pemerintah Saudi, di mana mereka mengharuskan semua orang memiliki Kartu Nusuk tersebut," kata Firman di Makkah, Arab Saudi, Selasa (11/6).

"Jadi dia seperti kartu sakti, karena dipakai juga untuk masuk wilayah Arafah, Muzdalifah, Mina terutama. Kemarin juga kita lihat saat masuk Masjidil Haram, ternyata juga ada pemeriksaan. Dengan adanya Kartu Nusuk ini maka jemaah haji terverifikasi sebagai jemaah haji valid atau legal," imbuhnya.

Jemaah calon haji wajib mengenakan Kartu Nusuk yang berlaku sebagai tasreh atau izin masuk di wilayah Arafah, Muzdalifah, Mina, dan Masjidil Haram. Petugas keamanan tidak akan mengizinkan jemaah haji masuk wilayah tersebut jika tidak membawa Kartu Nusuk.

Kartu Nusuk memiliki dua versi, pertama berupa kartu fisik yang wajib dikenakan jemaah haji. Sementara versi kedua adalah berbentuk digital.

Pemerintah Arab Saudi menggunakan Kartu Nusuk untuk mencegah masuknya jemaah yang tidak menggunakan visa haji masuk ke Tanah Suci. Dengan begitu hanya jemaah dengan visa haji resmi yang diterbitkan pemerintah Arab Saudi yang bisa melakukan ibadah haji.

Selain itu inspeksi Kartu Nusuk selalu dilakukan petugas hingga tiga kali per hari ke penginapan-penginapan tempat jemaah haji 2024.

(har/isn)

Komentar

Baca Juga

Postingan Populer

Kisah Fahmi Warga Jakarta, Gowes Sendirian Demi Hadiri Haul Habib Abu Bakar di Gresik - Gresik Satu

Mengintip Proses Pengemasan Air Zamzam di Tanah Suci, Semua Jemaah Dijamin Kebagian - inews

Nasab Habib atau Keturunan Nabi di Indonesia Diragukan, Ini Kata Buya Yahya - Liputan 6

Kondisi Tenda Haji RI di Mina: Over Capacity-Tangga Tak Ramah Lansia - detik

Cak Imin: Temuan Timwas DPR soal Haji 2024 Wajib Ditindak Lewat Pansus - detik