Menag Cek Kesiapan Layanan Ibadah Puncak Haji di Arafah, Tenda Jamaah Mampu Serap Panas Matahari - Jawa Pos

 

Menag Cek Kesiapan Layanan Ibadah Puncak Haji di Arafah, Tenda Jamaah Mampu Serap Panas Matahari - Jawa Pos

JawaPos.com – Menjelang puncak haji pada Sabtu (15/6), Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memeriksa kesiapan layanan dan sarana di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina). Meski ditemukan sejumlah kekurangan, Menag memastikan bahwa semua fasilitas untuk jamaah haji (CJH) Indonesia sudah baik. Bahkan lebih baik ketimbang tahun lalu.

”Segala upaya sudah kami lakukan. Kami juga sudah cek semua fasilitas. Banyak perubahan yang dilakukan mashariq (penyedia layanan haji jamaah Indonesia yang ditetapkan Arab Saudi, Red). Sekarang tinggal Bismillahi Tawakkaltu Alallah. Kita bertawakal kepada Allah. Semoga layanan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan makin baik,” katanya.

Dalam pengecekan yang berlangsung pada Selasa (11/6) petang waktu Arab Saudi (WAS) itu, yang pertama didatangi adalah Arafah. Di sana rombongan Menag memeriksa hampir semua fasilitas. Secara umum, Yaqut menyebut fasilitas sudah baik. Salah satunya, ketersediaan MCK. Selain jumlahnya lebih banyak dibanding tahun lalu, space-nya juga lebih luas.

Baca Juga: 29 Ribu CJH Belum Dapat Smart Card

Meski demikian, Yaqut sempat mendapati kekurangan pada toilet-toilet yang diperiksa. Mulai semprotan air yang kurang kuat hingga keran jet washer di sejumlah toilet yang tertutup. Dia meminta semua kekurangan itu diselesaikan sebelum jamaah haji Indonesia masuk Arafah untuk wukuf. ”Namun, secara umum sudah baik,” ujarnya.

Pembenahan juga dilakukan terhadap kualitas tenda penginapan bagi jamaah di Arafah. Tahun ini Kemenag menyiapkan tenda-tenda dengan spek yang lebih bagus. Salah satunya berada di maktab 39 yang dicek Menag. Kualitas tenda-tenda di maktab ini memang lebih representatif.

Baca Juga: Jelang Wukuf, Masuki Masa Tenang, Jamaah Diimbau Kurangi Aktivitas

Atap dan dindingnya memakai bahan khusus yang memiliki daya serap panas lebih baik. Selain itu, fasilitas pelengkap sudah disediakan. Mulai colokan listrik hingga charger magnetis untuk pengisian baterai ponsel. (ris/wan/c14/oni)

Konten berikut adalah iklan platform Geozo, media kami tidak terkait dengan materi konten ini.

Komentar

Baca Juga

Postingan Populer

Mengintip Proses Pengemasan Air Zamzam di Tanah Suci, Semua Jemaah Dijamin Kebagian - inews

At-Tarbiyah: Pisau Terjatuh Saat Menyembelih - Tarbiyah Pedia

LPBINU Imbau Pengelola Ibadah Kurban Terapkan Prinsip Ramah Lingkungan - NU Online

Kisah Fahmi Warga Jakarta, Gowes Sendirian Demi Hadiri Haul Habib Abu Bakar di Gresik - Gresik Satu

Panen Cuan Tukang Cukur di Jamarat: Satu Kepala yang Dibotaki Dibayar Rp129 Ribu - suara