6 Bangunan Bersejarah yang Bisa Dikunjungi Saat Menunaikan Haji - detik

 

6 Bangunan Bersejarah yang Bisa Dikunjungi Saat Menunaikan Haji



Jakarta -

Bangunan bersejarah bisa menjadi pilihan tempat kunjungan jamaah haji saat beribadah ke Tanah Suci atau Madinah. Sebab, selain beribadah kamu juga bisa melihat langsung tempat-tempat yang menjadi saksi bisu perjalanan dakwah Nabi Muhammad SAW dan sahabat dalam menyebarkan agama Islam.

Tidak sedikit, bangunan bersejarah di Mekah dan Madinah adalah lokasi kunjungan wajib saat jamaah Haji melakukan rangkaian ibadahnya seperti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Melansir dari detikcom, berikut 6 bangunan bersejarah yang bisa dikunjungi saat menunaikan haji di Mekah dan Madinah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Masjidil Haram

Pilgrims circle the Kaaba as they perform Tawaf at the Grand Mosque, ahead of the annual haj pilgrimage, in Mecca, Saudi Arabia, June 9, 2024. REUTERS/Ayman El SahliPilgrims circle the Kaaba as they perform Tawaf at the Grand Mosque, ahead of the annual haj pilgrimage, in Mecca, Saudi Arabia, June 9, 2024. REUTERS/Ayman El Sahli Foto: REUTERS/Ayman El Sahli

Tempat utama yang pasti dikunjungi oleh jamaah haji adalah Masjidil Haram. Masjid Al-Haram juga dianggap sebagai masjid tertua di dunia.

Di dalamnya terdapat Ka'bah pusat kiblat beribadah umat Islam. Saat beribadah haji, jamaah akan mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali. Selain itu, di dalamnya terdapat Hajar Aswad, Makam Nabi Ibrahim AS, Bukit Safa dan Marwah serta Sumur Zamzam.

Saat ini Masjidil Haram meliputi area seluas 356.000 meter persegi dan memiliki sembilan menara. Luasnya menyebabkan masjid ini juga dijuluki sebagai masjid terbesar di dunia dan dapat menampung hingga 2,5 juta jamaah sekaligus.

2. Masjid Quba

Masjid Quba di MadinahMasjid Quba di Madinah Foto: Lusiana Mustinda/detikcom

Masjid Quba merupakan salah satu masjid terbesar di Arab Saudi dan telah dibangun sejak tahun 622 di Madinah, Arab Saudi oleh Nabi Muhammad SAW setelah kepergiannya dari Mekah.

Diketahui setiap hari Sabtu, Nabi Muhammad SAW akan pergi ke masjid ini untuk sholat dua rakaat. Selain itu, Masjid Quba adalah masjid tempat shalat Jumat pertama yang dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW.

3. Al Nabawi

Masjid Nabawi di MadinahMasjid Nabawi di Madinah Foto: Sudrajat/detikcom

Bagi yang ingin mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW bisa mengunjungi Masjid Nabawi. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun 622 di Madinah, Arab Saudi. Lokasi Masjid Nabawi berada di dekat rumah Nabi Muhammad SAW.

Masjid ini juga dibangun Dikenal dengan kubah hijaunya yang dibangun di bawah Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1818.

4. Masjid Jin

Jannat al-Mu'alla, also known as the Jannat al-Mu'alla, also known as the "Cemetery of Ma'la" and Al-Ḥajūn, is a cemetery to the north of Al-Masjid Al-Haram, and near the Mosque of the Jinn in Makkah, Saudi Arabia Foto: Getty Images/iStockphoto/Abdulkadir ARSLAN

Sesuai namanya, Masjid Jin ini pernah digunakan sebagai Nabi Muhammad SAW menerima rombongan jin yang ingin diba'iat untuk masuk Islam. Masjid Jin ini terletak di dekat perkuburan Ma'la, di samping jembatan penyeberangan. M

5. Masjid Hudaibiyah

Masjid Hudaibiyah Tempat Miqat di MakkahMasjid Hudaibiyah Tempat Miqat di Makkah Foto: Fitraya Ramadhanny

Nama Masjid Hudaibiyah diambil dari nama seorang laki-laki penggali sumur di tempat tersebut. Di dekat sumur itu terdapat pohon rindang bernama Hadba'. Pohon tersebut menjadi saksi bisu bai'at pada 7 H yang disebut juga dengan bai'at al-Ridhwan.

Masjid ini terletak di daerah Hudaibiyah yang terletak di antara Makkah ke Jeddah. Jarak daerah ini kurang lebih 25 kilometer dari Masjidil Haram.

6. Masjid Tan'im

Masjid Tan'imMasjid Tan'im Foto: Saudi Press Agency

Masjid Tan'im adalah lokasi Sayyidah Aisyah RA melakukan miqat usai haji wada. Pada saat itu, ia tidak bisa ikut melaksanakan umrah bersama rombongan setelah haji wada. Menurut suatu riwayat yang dinukil Abdurrahman bin Abdul Karim dalam buku Sejarah Terlengkap Nabi Muhammad SAW, kala itu Sayyidah Aisyah RA sedang haid.

Simak Video "PERDOKHI Anjurkan Jemaah Haji/Umrah Tak Bertelanjang Kaki saat Ibadah"
[Gambas:Video 20detik]
(aqi/aqi)

Komentar

Baca Juga

Postingan Populer

Kisah Fahmi Warga Jakarta, Gowes Sendirian Demi Hadiri Haul Habib Abu Bakar di Gresik - Gresik Satu

Mengintip Proses Pengemasan Air Zamzam di Tanah Suci, Semua Jemaah Dijamin Kebagian - inews

Nasab Habib atau Keturunan Nabi di Indonesia Diragukan, Ini Kata Buya Yahya - Liputan 6

Kondisi Tenda Haji RI di Mina: Over Capacity-Tangga Tak Ramah Lansia - detik

Cak Imin: Temuan Timwas DPR soal Haji 2024 Wajib Ditindak Lewat Pansus - detik