Cerita Jemaah Haji Embarkasi Medan Tinjau Tenda Mina By BeritaSatu

 

Cerita Jemaah Haji Embarkasi Medan Tinjau Tenda Mina

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 12, 2023
Tenda haji di Mina.
Tenda haji di Mina.

Makkah, Beritasatu.com - Sepekan sebelum puncak haji, sejumlah kelompok terbang (kloter) jemaah haji mengirimkan perwakilannya untuk meninjau tenda-tenda tempat menginap di Arafah dan Mina.

Delapan kloter dari embarkasi Medan Kualanamu (KNO) melakukan peninjauan itu pada Rabu (21/6/2023). Mereka ingin melihat fasilitas-fasilitas bagi jemaah mulai dari tenda, kasur, toilet, hingga ketersediaan air minum.

Ketua Forum Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Dan Umrah (KBIHU) Sumatra Utara Ilyas Halim yang tergabung dalam kloter 6 (KNO-06) mengatakan ada delapan kloter yang akan menempati Maktab 52 di Mina. Kloter tersebut meliputi KNO-06 hingga KNO-13.

"Untuk KNO-06 kita sudah cek, ada 360 orang tetapi tenda yang disediakan kapasitasnya hanya dua ratusan, pokoknya kurang 91 tempat tidur lagi. Inilah yang mau kita tunggu di mana posisi mau ditaruhkan," ujar Ilyas saat ditemui di Maktab 52, Sektor Asia Tenggara, Mina, Rabu (21/6/2023).

Secara umum, Ilyas memuji fasilitas bagi jemaah. Kualitasnya memuaskan. Hanya saja, ia menggarisbawahi soal kepadatan tenda.

Jemaah akan kesulitan meletakkan barang bawaan. Selain itu ukuran kasur akan kurang memadai untuk jemaah bertubuh gemuk.

"Jadi memang ini fasilitas luar biasa, tetapi yang tidak biasanya itu masalahnya, kepadatan," kata Ilyas.

Petugas haji daerah KNO-06 Ihsan Satrya Azhar menambahkan pihaknya akan memberi pengarahan kepada jemaah mengenai situasi di Mina maupun Arafah. Di antaranya, tentang barang bawaan pribadi.

"Jemaah nanti bawa tas jinjing saja atau, yang dari Medan Kualanamu kan jemaah dikasih tas jinjing yang bahan goni. Dua pakaian," ujar Ihsan.

Berikut ini pergerakan petugas dan jemaah haji selama periode puncak haji.

1. 6-7 Zulhijjah (24-25 Juni) - petugas haji ke Arafah.

2. 8 Zulhijjah (26 Juni) - pergerakan jemaah haji dari hotel di Makkah ke Arafah
mulai pukul 07.00 - 22.00 waktu Arab Saudi (WAS).

3. 9 Zulhijjah (27 Juni) - jemaah haji wukuf di Arafah dari lepas zuhur sampai ashar

4. 9 Zulhijjah (27 Juni) - sekitar pukul 18.30 WAS jemaah haji mulai diberangkatkan dari Arafah ke Muzdalifah untuk mengumpulkan batu lempar jumrah. Proses ini diperkirakan berlangsung sampai tengah malam

5. 10-13 Zulhijjah (28 Juni-1 Juli) jemaah haji melakukan mabit dan lempar jumrah di Mina.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar

Baca Juga