Khutbah Jumat: Kemerdekaan adalah Anugerah Allah yang Harus Dijaga dan Disyukuri - NU Online

 

Khutbah Jumat: Kemerdekaan adalah Anugerah Allah yang Harus Dijaga dan Disyukuri

Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan salah satu momen paling penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Melalui perjuangan panjang dan penuh pengorbanan, rakyat Indonesia akhirnya berhasil membebaskan diri dari belenggu penjajahan yang telah berlangsung selama berabad-abad. Peristiwa inilah yang menjadi awal bagi lahirnya sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat.


Naskah khutbah Jumat berikut ini dengan judul, “Khutbah Jumat: Kemerdekaan, Anugerah dari Allah yang Harus Dijaga dan Disyukuri”. Untuk mencetak naskah khutbah Jumat ini, silakan klik ikon print berwarna merah di atas atau bawah artikel ini (pada tampilan desktop). Semoga bermanfaat!


‎الْحَمْدُ لِلّٰهِ وَاسِعِ الْفَضْلِ وَالْاِحْسَانِ، وَمُضَاعِفِ الْحَسَنَاتِ لِذَوِي الْاِيْمَانِ، الْغَنِيِّ الَّذِيْ لَمِ تَزَلْ سَحَائِبُ جُوْدِهِ تَسِحُّ الْخَيْرَاتِ كُلَّ وَقْتٍ وَأَوَانٍ، العَلِيْمِ الَّذِيْ لَا يَخْفَى عَلَيْهِ خَوَاطِرُ الْجَنَانِ، الْحَيِّ الْقَيُّوْمِ الَّذِيْ لَا تَغِيْضُ نَفَقَاتُهُ بِمَرِّ الدُّهُوْرِ وَالْأَزْمَانِ. أَحْمَدُهُ حَمْدًا يَفُوْقُ الْعَدَّ وَالْحُسْبَانَ، وَأَشْكُرُهُ شُكْرًا نَنَالُ بِهِ مِنْهُ مَوَاهِبَ الرِّضْوَانِ


‎أَشْهَدُ أَنْ لَااِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ دَائِمُ الْمُلْكِ وَالسُّلْطَانِ، وَمُبْرِزُ كُلِّ مَنْ سِوَاهُ مِنَ الْعَدَمِ اِلَى الْوِجْدَانِ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَخِيْرَتُهُ مِنْ نَوْعِ الْاِنْسَانِ، نَبِيٌّ رَفَعَ اللهُ بِهِ الْحَقَّ حَتَّى اتَّضَحَ وَاسْتَبَانَ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الصِّدْقِ وَالْاِحْسَانِ. أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَاِيَايَ أَوَّلاً بِتَقْوَى اللهِ تَعَالىَ وَطَاعَتِهِ بِامْتِثَالِ أَوَامِرِهِ وَاجْتِنَابِ نَوَاهِيْهِ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِندَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا


Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah


Puji syukur alhamdulillahi rabbil âlamin, atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita semua, terkhusus nikmat kemerdekaan Bangsa Indonesia ini. Dengan rahmat dan kasih sayang-Nya, kita semua bisa menikmati kebebasan, kehormatan, dan kedamaian di negeri yang merdeka.

 

Shalawat dan salam mari senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw, allahumma shalli wa sallim alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ âlih wa shahbih, yang telah membawa cahaya petunjuk dan kemerdekaan hakiki, bagi kita semua sebagai umatnya.


Selanjutnya, sudah menjadi kewajiban bagi kami selaku khatib pada pelaksanaan shalat Jumat ini, untuk senantiasa mengajak dan mengingatkan perihal pentingnya peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah.

 

Keduanya merupakan fondasi dalam menjalani hidup yang benar di dunia, dan menjadi bekal kelak di akhirat. Mari kita sama-sama ingat pesan Allah swt dalam Al-Qur’an, perihal takwa yang akan kita jadikan bekal di akhirat nanti:


‎وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى وَاتَّقُونِ يَا أُولِي الأَلْبَابِ


Artinya, “Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat.” (QS Al-Baqarah [2]: 197).


Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah


Saat ini kita semua berada salah satu momentum paling bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia, yaitu momen perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 tahun, dengan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Maka sudah sepatutnya bagi kita bersyukur kepada Allah swt atas kemerdekaan yang telah kita rasakan saat ini. Anugerah ini merupakan anugerah yang sangat besar yang telah Allah karuniakan kepada bangsa Indonesia.


Dengan anugerah kemerdekaan, kita bisa menjalani segala aktivitas dan tanggung jawab dengan damai, tenang dan tanpa gangguan penjajahan. Perlu kita ketahui bahwa kemerdekaan bukanlah sesuatu yang mudah untuk diraih. Para pahlawan kita telah berjuang dengan pengorbanan nyawa dan tenaga untuk meraih semua ini. Maka kita wajib untuk berterimakasih dan mensyukuri semua ini. Allah swt berfirman dalam Al-Qur’an:


‎وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

 

Artinya, “(Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras.” (QS Ibrahim, [14]: 7).


Dalam ayat yang lain, Allah swt berfirman:


‎فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ


Artinya, “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (QS Al-Baqarah: 152).


Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah


Nikmat kemerdekaan yang sudah kita rasakan saat ini, tidaklah akhir dari perjuangan sebuah bangsa, namun sebuah tanggung jawab besar bagaimana kita memanfaatkan anugerah ini dengan penuh kesadaran dan rasa syukur.

 

Kesadaran dan bersyukur dalam konteks kemerdekaan adalah dengan cara membangun negara dan bangsa ke arah yang lebih baik. Segala yang telah menjadi kewajiban kita, mari kita jalani dengan benar. Imam al-Baghawi dalam kitab Tafsir al-Baghawi, juz I, halaman 168 mengatakan:


‎يَعْنِي وَاشْكُرُوا لِي بِالطَّاعَةِ وَلَا تَكْفُرُوْنِي بِالْمَعْصِيَةِ فَإِنَّ مَنْ أَطَاعَ اللهَ فَقَدْ شَكَرَهُ وَمَنْ عَصَاهُ فَقَدْ كَفَرَهُ


Artinya, “Maksudnya: bersyukurlah kalian kepada-Ku yaitu dengan ketaatan. Dan, jangan kalian ingkar kepada-Ku dengan maksiat, karena orang yang taat kepada Allah, sungguh telah bersyukur kepada-Nya, dan siapa yang bermaksiat, maka telah mengingkarinya.”


Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah


Selain bersyukur, kita juga wajib untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia ini. Caranya adalah dengan membangun bangsa menjadi lebih baik dan lebih maju, sesuai dengan apa yang kita bisa dan kita mampu, di antaranya adalah dengan berbuat adil, berbuat benar, jujur, saling tolong menolong, dan menghindari semua perbuatan yang bisa merusak nama baik bangsa. Syekh Muhammad Bakri asy-Syafi’i dalam kitab Dalilul Falihin li Thuruqi Riyadlis Shalihin, juz I, halaman 22, mengatakan:


‎يَنْبَغِي لِكَامِلِ الْإِيْمَانِ أَنْ يُعَمَّرَ وَطَنَهُ بِالْعَمَلِ الصَّالِحِ وَالْإِحْسَانِ


Artinya, “Sudah seharusnya bagi orang yang sempurna imannya untuk membangun bangsanya dengan perbuatan-perbuatan benar dan baik.”


Selain itu, memperdalam ilmu pengetahuan juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mempertahankan kemerdekaan suatu bangsa. Dengan pengetahuan, maka kita akan bisa membawa bangsa ke jalan manfaat dan kebenaran, karena kebodohan merupakan perusak terhadap keutuhan kemerdekaan sebuah bangsa. Syekh Muhammad dalam kitab at-Tahliyatu wat Targhib fit Tarbiyati wat Tahdzib, halaman 17 mengatakan:


‎هُوَ أَنْ تَجْتَهِدَ فِي تَحْصِيْلِ الْعُلُوْمِ وَالمَعَارِفِ التي بِهَا تَتَمَكَّنُ مِنْ خِدْمَةِ الوَطَنِ العَزِيْزِ عَلَى وَجْهِ الْاِكْمَالِ فَاِنَّ الجَاهِلَ تَصَرُّفَاتُهُ كُلُّهَا دَرِيْعَةٌ لَا يَعْرِفُ مَا فِيْهَا المَنْفَعَة


Artinya, “(cinta pada negara) adalah kamu bersungguh-sungguh untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Dengannya, kamu bisa berkhidmah untuk bangsa yang luhur, dengan cara yang sempurna. Karena perbuatan orang bodoh, semuanya hanyalah perantara yang tidak tahu apa manfaat yang ada di dalamnya.”


Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah


Demikian adanya khutbah Jumat, perihal anugerah dari Allah swt berupa kemerdekaan Republik Indonesia yang harus kita jaga dan kita syukuri. Semoga menjadi khutbah yang membawa berkah dan manfaat bagi kita semua. Amin ya rabbal alamin.


‎بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ هَذَا الْيَوْمِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَاِيَاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الصَّلَاةِ وَالصَّدَقَةِ وَتِلَاوَةِ الْقُرْاَنِ وَجَمِيْعِ الطَّاعَاتِ، وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ جَمِيْعَ أَعْمَالِنَا إِنَّهُ هُوَ الْحَكِيْمُ الْعَلِيْمُ، أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، اِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ


Khutbah II

‎اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَمَا أَمَرَ. أَشْهَدُ أَنْ لَااِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، اِلٓهٌ لَمْ يَزَلْ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ وَكِيْلًا. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَحَبِيْبُهُ وَخَلِيْلُهُ، أَكْرَمُ الْأَوَّلِيْنَ وَالْأَخِرِيْنَ، اَلْمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ أٓلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ كَانَ لَهُمْ مِنَ التَّابِعِيْنَ، صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِيْنَ


‎أَمَّا بَعْدُ: فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَذَرُوْا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ. وَحَافِظُوْا عَلَى الطَّاعَةِ وَحُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَاعَةِ وَالصَّوْمِ وَجَمِيْعِ الْمَأْمُوْرَاتِ وَالْوَاجِبَاتِ. وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ بِنَفْسِهِ. وَثَنَّى بِمَلَائِكَةِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ. إِنَّ اللّٰهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً


‎اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِيْ العَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وِالْأَمْوَاتِ. اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَةً، اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ


‎عِبَادَ اللهِ، اِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاءِ ذِيْ الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوْا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرُكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ


Ustadz Sunnatullah, Pengajar di Pondok Pesantren Al-Hikmah Darussalam Durjan Kokop Bangkalan Jawa Timur.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga