PBNU Buka Pendaftaran Beasiswa S1 ke Al-Azhar Mesir, Ini Ketentuan dan Cara Daftarnya - NU Online

 

PBNU Buka Pendaftaran Beasiswa S1 ke Al-Azhar Mesir, Ini Ketentuan dan Cara Daftarnya

Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) membuka pendaftaran program beasiswa pendidikan sarjana (S1) di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Program beasiswa ini merupakan hasil kerja sama antara PBNU dengan Universitas Al-Azhar, Kairo Mesir.
 

Penanggung jawab seleksi beasiswa Al-Azhar PBNU Mukhlis Yusuf Arbi mengatakan program beasiswa full funding ini mengakomodasi berbagai jurusan, baik ilmu keagamaan (Adabi) maupun jurusan non-ilmu keagamaan seperti kedokteran, psikologi, dan teknik.
 

“Ada dua penjurusan. Kuliah adabi untuk agama seperti ushuluddin, syariah, aqidah, dakwah dan lughah. Juga ada kuliah ilmu untuk jurusan umum seperti kedokteran, psikologi, kimia, fisika, teknik,” kata Arbi kepada NU Online, Rabu (3/7/2024).
 

Ia menegaskan bahwa seluruh rangkaian pendaftaran beasiswa ke Mesir ini gratis alias tidak dipungut biaya apapun. Beasiswa ini mencakup berbagai fasilitas seperti biaya kuliah, biaya transportasi, dan biaya tempat tinggal.
 

“Seluruh proses pendaftaran adalah free,” ujar Wakil Ketua Badan Khusus Pengembangan Administrasi Keorganisasian dan Kader PBNU itu.
 

Full funding. Mulai dari tiket berangkat, living cost selama di Mesir, asrama/tempat tinggal, tiket pulang,” imbuh dia.
 

Penyelenggaraan seleksi beasiswa PBNU-Al- Azhar 2024 berada di bawah komando NU Scholarship yang bekerja sama dengan Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) PBNU dan Ikatan Keluarga Alumni NU (IKANU) Mesir.
 

Tahapan seleksi
Seleksi akan terbagi menjadi tiga tahap, yakni seleksi administrasi, tahap seleksi tertulis, dan tahap seleksi wawancara. Semua rangkaian mulai dari pendaftaran hingga seleksi akan dilaksanakan secara daring (online).
 

Rangkaian seleksi beasiswa ini dimulai dari tanggal 1 Juli 2024 sebagai masa sosialisasi, dilanjutkan dengan masa pendaftaran pada tanggal 5 Juli sampai dengan 8 Juli 2024.
 

Seleksi administrasi, akan berlangsung pada 8 Juli hingga 12 Juli 2024. Hasil seleksi berkas akan diumumkan pada tanggal 13 Juli 2024. Peserta yang dinyatakan lolos pada tahap seleksi administrasi, akan diperkenankan mengikuti tahap berikutnya, yakni seleksi tertulis yang akan dilakukan secara online pada tanggal 16 Juli 2024.
 

Selanjutnya, bagi peserta yang dinyatakan lolos tahap seleksi tertulis, akan mengikuti tahap ketiga yaitu wawancara pada tanggal 21 Juli 2024. Nama-nama 30 santri penerima beasiswa akan diumumkan pada 23 Juli 2024.
 

Persyaratan pendaftaran
Beberapa kriteria yang menjadi ketentuan pendaftaran seleksi beasiswa ini:
 

1. Pendaftaran dilakukan oleh pesantren
2. Ijazah Madrasah Diniyah Ulya/Madrasah Aliyah/Pendidikan Diniyah Formal/Surat keterangan lulus. Umur ijazah maksimal 3 tahun (2022)
3. Berumur 18-25 tahun
4. Menandatangani surat pernyataan bersedia mengabdi kepada NU
5. Bersedia mengikuti tahapan seleksi dan segala ketentuan yang berlaku
 

Info lebih lanjut terkait syarat-syarat pendaftaran dan tata cara pendaftaran, dapat langsung diakses melalui website NU Scholarship (www.nuscholarship.or.id)

Komentar

Baca Juga

Postingan Populer

Sakit, Jamaah Haji Debarkasi Banjarmasin Tertunda ke Tanah Air - RRI

Air Zamzam yang Dimasukkan Jamaah Haji ke Koper Bagasi akan Disita Maskapai - NU Online

NU Dorong Pengurangan Buta Huruf Al-Quran - TvOnenews

Dampak Judi Online pada Kesehatan Perspektif Neurosains - NU Online

Viral Cek Khodam di Medsos, Begini Hukumnya dalam Islam - NU Online