Kisah Masuknya Islam ke Uzbekistan, Negara yang Kalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia 2024 | Serba serbi muslim - Okezone

 

Kisah Masuknya Islam ke Uzbekistan, Negara yang Kalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia 2024 | Serba serbi muslim - Okezone

muslim Rabu 01 Mei 2024 14:01 WIB

KISAH masuknya Islam ke Uzbekistan dibahas Okezone Muslim. Uzbekistan merupakan negara asal Asia Tengah yang mengalahkan Timnas Indonesia U-23 di semifinal Piala Asia 2024 Qatar.

Sebagaimana telah Okezone himpun, Islam dibawa oleh nenek moyang modern Uzbekistan selama abad ke-8 ketika orang-orang Arab memasuki Asia Tengah. Islam awalnya terdapat di bagian selatan dari Turkestan dan setelah itu secara bertahap menyebar ke utara hingga Uzbekistan. 

Pada abad ke-14, sang pemimpin Asia Tengah Timur Lenk membangun banyak struktur keagamaan Islam di Uzbekistan, termasuk Masjid Bibi-Khanym. Dia juga membangun salah satu bangunan terbaik di makam Ahmed Yesevi yang menyebarkan Sufi Islam di kalangan perantau.

Di Uzbekistan juga lahir ulama penting, salah satunya Imam Bukhari. Ia melahirkan karya kitab Sahih Bukhari yang berisi hadits shahih paling dipercaya.

Ulama lainnya dari Uzbekistan adalah Imam Tirmidzi dan Abu Mansur Maturidi yang merupakan salah satu pelopor hukum Islam. 

Islam Agama Mayoritas di Uzbekistan

Uzbekistan adalah negara berbentuk republik yang sebelumnya menjadi bagian dari Uni Soviet. Uzbekistan merupakan negara yang terkurung daratan. Mereka berbatasan langsung dengan negara Kazakhstan di sebelah barat dan utara, Kirgizstan dan Tajikistan di timur, serta Afganistan dan Turkmenistan di selatan.

Bahasa resmi Uzbekistan adalah Uzbek yang merupakan bahasa dari rumpun Turkik. Di sana digunakan juga bahasa Rusia yang menjadi sisa peninggalan pemerintahan Uni Soviet.

Sekira 1 juta orang Tajik, kelompok etnis yang masih serumpun dengan orang Persia, menghuni Uzbekistan. Ini merupakan 4,8 persen dari seluruh jumlah penduduk di sana.

Islam adalah agama mayoritas di Uzbekistan. Mayoritas penduduk di sana merupakan Muslim Sunni, dan mereka dianggap sebagai salah satu umat Islam paling taat di Asia Tengah.

Umat Islam di Uzbekistan mencapai 90 persen dari populasi, sementara 5 persen penduduknya menganut Kristen Ortodoks Rusia. Demikian menurut laporan Departemen Luar Negeri AS pada 2009.

Namun pada 2009, Pew Research Center juga melaporkan bahwa populasi Muslim di Uzbekistan mencapai 96,3 persen.

Meski mendominasi, ajaran Islam di sana jauh dari monolitik. Banyak versi dari kepercayaan yang telah dipraktikkan di Uzbekistan.

Konflik tradisi Islam dengan berbagai agenda reformasi atau sekularisasi sepanjang abad 20 telah meninggalkan dunia luar dengan gagasan praktik Islam di Asia Tengah.

Uzbekistan pada akhir kekuasaan Uni Soviet tidak membawa kebangkitan fundamentalisme Islam, seperti yang telah banyak diprediksi, melainkan bertahap mengenalkan kembali dengan ajaran iman dan Islam.

Wallahu a'lam bisshawab

Komentar

Baca Juga

Postingan Populer

Jemaah Haji, Ini 8 Cara Mencegah Penularan MERS-CoV - BeritaSatu

Mbah Miskan Jamaah Tertua Berusia 109 Tahun dari Ponorogo: Terketuk Hati saat Umrah, Nekat Daftar Haji di Usia Senja - Lentera Today

Suhu Capai 39 Derajat, Ini Tips Agar Tetap Fit Sampai Puncak Ibadah Haji - Viva

Duh! Koper Jamaah Haji Perempuan Dibongkar di Bandara Gegara Lakban, Ini Imbauan Kemenag : Okezone Haji

Usai Mendarat di Bandara Madinah, Ini Alur Kedatangan yang Dilakukan Jemaah Haji - Viva