Cegah Heat Stroke di Saudi, Jemaah Haji Disarankan Perbanyak Air Putih - detik

 

Cegah Heat Stroke di Saudi, Jemaah Haji Disarankan Perbanyak Air Putih

Jakarta 

-

Suhu panas di Arab Saudi terpantau akan terjadi selama musim haji 2024. Calon jemaah haji disarankan untuk terus memperhatikan kesehatan selama menjalani ibadah, salah satunya dengan banyak minum air putih.

Melansir laman Kementerian Agama (Kemenag), suhu di Arab Saudi diperkirakan mencapai angka 40 derajat Celcius. Tentu suhu ini termasuk tinggi jika dibandingkan suhu rata-rata di Indonesia.

Menurut data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) di tahun 2023 suhu rata-rata Indonesia berada di angka 27,2 derajat Celcius. Untuk menghindari gangguan kesehatan, jemaah haji diimbau untuk bisa beradaptasi.

Salah satu risiko yang menghampiri jemaah haji di tengah panasnya suhu Tanah Suci adalah heat stroke atau serangan panas adalah bentuk hipertermia atau penyakit yang berhubungan dengan panas. Heat stroke ditandai dengan peningkatan suhu tubuh yang tidak normal serta gejala fisik yang menyertainya, termasuk perubahan fungsi sistem saraf.

Kasi Lansia, Disabilitas, dan PKP3JH Daker Madinah, Dokter Leksmana menyarankan kepada seluruh calon jemaah haji, khususnya lansia, untuk menyiapkan diri dengan meningkatkan kesehatan.

"Jemaah haji, khususnya lansia, sebaiknya sudah mempersiapkan kondisi dan menjaga serta meningkatkan kesehatan dirinya, terlebih sebelum melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci, termasuk juga harus mengenali kondisi gejala heat stroke," ungkap Dokter Leksmana

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa gejala heat stroke akan memberi dampak buruk jika tidak ditangani sesegera mungkin.

"Sebab, gejala heat stroke jika tidak segera ditindaklanjuti dapat berdampak buruk pada kesehatan jemaah," sambungnya.

Pria yang akrab disapa dr. Leks ini menyampaikan, cuaca panas dapat mengganggu kesehatan jemaah. Biasanya timbul gejala sebelum kondisi menjadi semakin memburuk.

Gejala heat stroke antara lain adalah mengalami dehidrasi, serangan panas, lemas, hilang fokus dan rusaknya permukaan kulit.

Tips Menjaga Kesehatan di Suhu Panas

Agar kesehatan tetap terjaga selama menjalani rangkaian ibadah haji, para calon jemaah bisa mengikuti tips dari dr. Leks. Berikut beberapa tipsnya:

1. Banyak minum air putih

Usahakan untuk banyak mengonsumsi air putih tanpa harus menunggu haus. Dianjurkan minum tiga sampai empat liter air atau setara dengan 12 sampai 16 gelas per hari. "Minum air putih yang banyak, hindari minum air kopi atau teh, apalagi yang mengandung gula," tambah dr. Leks.

2. Semprot kulit dengan air

Kesehatan kulit juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Jemaah haji bisa menyemprot wajah dengan air bersih untuk mengurangi panas di kulit.

Semprotkan air secara berkala ketika sedang berada di luar ruangan dan terpapar suhu yang panas.

3. Menggunakan alat pelindung diri

Manfaatkan alat pelindung diri apabila melakukan aktivitas di luar hotel atau penginapan. Misalnya dengan mengandalkan payung, topi berdaun lebar, kacamata hitam, pelembab kulit, tabir surya (sunscreen) dan masker medis untuk menjaga kelembapan aliran napas.

"Jangan lupa pakai baju longgar dan nyaman untuk dapat mencegah naiknya suhu tubuh, berlindung dari sengatan matahari langsung, dan istirahat yang cukup," kata dr. Leks.

Kepada jemaah haji lansia, dr Leks berpesan untuk mengkonsultasikan kondisi kesehatannya kepada dokter yang biasa menanganinya. Dengan demikian dapat diketahui tindakan seperti apa yang dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan dan penanganan.

"Mintakan saran dokter terkait kondisi kesehatan, termasuk juga olahraga ataupun aktivitas fisik yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan," ungkapnya.

"Jemaah juga harus membawa obat-obatan pribadi yang dibutuhkan. Sebab dikhawatirkan obat-obatannya yang dibutuhkan tidak termasuk dalam list obat yang disiapkan tim kesehatan," tegasnya.

Kuota haji Indonesia 1445 H/2024 M adalah 241.000 jemaah, terdiri atas 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus. Dari jumlah itu, ada lebih kurang 45.000 jemaah lansia dengan usia 65 tahun ke atas.

Simak Video "Simak Syarat Pembuatan Visa di Pameran Wisata Arab Saudi Kokas"



(dvs/lus)

Komentar

Baca Juga

Postingan Populer

Jemaah Haji Indonesia Kembali Wafat di Madinah, Jumlah Meninggal Dunia Menjadi 4 Orang - Kompas

Mbah Miskan Jamaah Tertua Berusia 109 Tahun dari Ponorogo: Terketuk Hati saat Umrah, Nekat Daftar Haji di Usia Senja - Lentera Today

Suhu Capai 39 Derajat, Ini Tips Agar Tetap Fit Sampai Puncak Ibadah Haji - Viva

Jemaah Haji, Ini 8 Cara Mencegah Penularan MERS-CoV - BeritaSatu

PPIH: Makanan Jamaah Calon Haji akan Dites sebelum Didistribusikan - Suara Surabaya